Jokowi Ungkap Penyebab Banjir Berhari-hari di Kalimantan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 11:56 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal banjir di Kalimantan. Jokowi mengatakan banjir di Kalimantan terjadi akibat kerusakan daerah tangkapan hujan.

"Ya itu memang karena kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan yang sudah berpuluh-puluh tahun," kata Jokowi setelah meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1- Ruas Serang-Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (16/11/2021).

Jokowi memastikan akan memperbaiki kerusakan daerah tangkapan hujan tersebut. Mulai tahun depan, kata dia, persemaian atau nursery akan dilakukan.

Sebagai informasi, nursery atau persemaian adalah tempat atau area untuk kegiatan memproses benih menjadi bibit/semai yang siap ditanam di lapangan. Persemaian ini bertujuan mengurangi kematian tanaman akibat belum siap dengan kondisi lahan.

"Ya itu yang harus kita hentikan. Karena memang masalah utamanya ada di situ. Kapuas meluber karena daerah tangkapan hujannya rusak. Itu yang nanti kita perbaiki. Nanti akan mulai mungkin tahun depan kita bangun nursery, persemaian, sehingga ada penghijauan kembali di daerah-daerah hulu, di daerah-daerah tangkapan hujan, di catchment area. Kita perbaiki. Karena memang kerusakannya ada di situ," papar Jokowi.

Selain itu, menurut Jokowi, banjir di Kalimantan terjadi karena hujan yang lebih ekstrem dari biasanya.

"Dan kedua memang ada hujan yang lebih ekstrem dari biasanya," ungkap dia.

Simak kondisi banjir di Kalimantan di halaman selanjutnya.