detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Before-After Pengerukan Got di Petamburan III yang Sebabkan Banjir

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 15:31 WIB
Masalah Got Sebabkan Banjir di Jl Petamburan III: TUNTAS
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Got di Jl Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengalami pendangkalan. Akibatnya, air got meluap dan menyebabkan banjir ke permukiman.

Kejadian itu dilaporkan pada Rabu (20/10) malam. Rumah Ida Kurniasih menceritakan sekitar pukul 23.30 WIB rumahnya kebanjiran. Air dari got di pinggir rumah, meluap dan masuk ke rumahnya.

Ida meminta got di samping rumahnya dikeruk. Jadi, air tak meluap dan masuk ke rumahnya.

Karung-karung pengerukan got di Jl Petamburan III, hari ini, 5 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)Karung-karung pengerukan got di Jl Petamburan III, hari ini, 5 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)

"Harapan saya kepengen banget got ini bisa dikeruk sampai dalem kayak dulu. Terus kalau masalah rumah diuruk, itu masalah pribadi ya, ha-ha-ha.... Karena kan harus diuruk," kata Ida, Kamis (21/10).

Kasus ini pun dilaporkan ke akun Twitter Pemprov DKI Jakarta. Aduan pun masuk ke situs CRM, situs pusat aduan DKI Jakarta.

Kemudian, petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat mengeruk kali. Meskipun, mereka mengeruk pada 31 Oktober 2021, 10 hari setelah Ida melapor.

Got di Jl Petamburan III Jakarta Pusat diperbaiki. (Dok Istimewa)Got di Jl Petamburan III Jakarta Pusat diperbaiki. (Dok Istimewa)

Pengerukan sempat terhenti, hingga akhirnya selesai pada Minggu (7/11). Setelah selesai, tak ada lagi banjir. Got pun tidak meluap meski hujan deras berada di lokasi.

"Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada banjir lagi. Hari Minggu juga hujan, kita di sini sudah tidak ada banjir lagi setelah gotnya selesai dikeruk," kata Ida Kurniasih saat ditemui di rumahnya di Petamburan III, Jumat (12/11/2021).

Bagaimana sebelum dan setelah atau before-after pengerukan got di Petamburan III.