Pernyataan Bamsoet Bikin Gerindra Tafsirkan Jokowi Dukung Formula E

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 14:13 WIB
Jadwal Formula E Jakarta
Formula E Jakarta (Dok. Formula E)
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut Presiden Joko Widodo berharap ajang Formula E Jakarta bisa diikuti pembalap Indonesia. Jokowi, kata Bamsoet menantang pembalap Sean Gelael berlaga di kejuaraan Formula E.

"Sebuah tantangan sekaligus peluang bagi Sean untuk bisa kembali mengharumkan nama bangsa melalui Formula E. Sehingga bisa semakin memberikan motivasi kepada generasi muda bangsa agar tidak takut menekuni dunia olahraga balap otomotif. Selain bisa mengharumkan nama bangsa, juga bisa mendapatkan pendapatan materi yang besar. Melalui tebaran inspirasi dari Sean Gelael, kita harap ada generasi bangsa yang bisa menembus Formula-1," ujar Bamsoet setelah berbincang dengan Jokowi di sela peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, Jumat (12/11/2021).

Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga Badan Pembina IMI Pusat Prasetyo Edi Marsudi, serta pembalap Indonesia peraih runner-up FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers WEC 2021 Sean Gelael.

Bamsoet juga mendukung usulan Jokowi agar Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa dikembangkan untuk menggelar Formula-1. Terlebih adanya kontrak 10 tahun (2021-2031) dari Dorna Sport untuk bisa menyelenggarakan kejuaraan motor bergengsi World Superbike, MiniGP, dan MotoGP.

"Untuk bisa menyelenggarakan Formula-1, hanya tinggal membutuhkan beberapa persiapan teknis saja. Salah satu kuncinya, IMI bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai pengelola Pertamina Mandalika International Street Circuit siap membangun komunikasi dengan The Fédération Internationale de l'Automobile/FIA (Federasi Otomotif Internasional), serta perwakilan dari Formula-1. Dengan dukungan kuat dari pemerintahan Presiden Jokowi, rasanya mimpi menghadirkan Formula-1 ke Indonesia bisa segera terwujud di Pertamina Mandalika International Street Circuit," kata Bamsoet.

Gerindra Tafsirkan Jokowi Dukung Formula E

Wakil Ketua DPRD DKI dari F-Gerindra, M Taufik menafsirkan pernyataan Bamsoet itu sebagai adanya dukungan Jokowi atas Formula E Jakarta sehingga dia menilai wacana interpelasi di DPRD DKI tak relevan lagi.

"Saya kira nggak (relevan interpelasi), kan Pak Presiden kemarin sudah nantang siapa tuh, Sean untuk ikut Formula E katanya. Artinya apa, statement itu kan menunjukkan persetujuan karena ini kan kegiatan internasional. Saya kira sebagai Ibu Kota negara mestinya punya berbagai kegiatan internasional," ujar Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik dari F-Gerindra, kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

"Dengan menantang itu kan berarti menyetujui adanya program itu," tuturnya.

Meski dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E sedang diusut KPK, Taufik optimistis tidak mengganggu agenda balap tahun depan. Soal pinjaman ke Bank DKI tahun 2019, menurutnya, juga sudah sesuai dengan aturan.

"Pinjaman kan boleh saja, tinggal dilaporkan ke kita, misalnya ke PEN, itu kan pinjaman dengan PEN, jangan kira pinjaman dengan PEN itu gratis, ada bunganya itu. KPK berjalan dengan mekanismenya, makanya Pemda DKI merespons apa yang dilakukan KPK," paparnya.

Dia meyakini lagi Formula E Jakarta tetap jalan.

"Insyaallah jalan, Mandalika jalan, masa Formula E...," katanya.

(idn/fjp)