Usut Formula E, KPK Runut soal Inisiator hingga Kronologi Proyek

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 17:57 WIB
Jakarta -

KPK kini tengah melakukan penyelidikan terhadap penyelenggaraan Formula E. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengatakan KPK akan 'menjahit' kronologi penyelenggaraan ini secara runut.

"Kalau penyelidikan apa pun informasi yang ada, tentunya akan kami jaring. Nanti kami kait-kaitkan, kami jahit apakah kronologinya dan lain-lain. Ya namanya kalau misalnya sebuah proyek pengadaan atau proyek inisiasi itu, kita urut dari kronologinya," kata Karyoto dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021).

Karyoto mengatakan KPK tentu akan menyampaikan perkembangan atas penyelidikan dugaan kasus ini.

"Dan prinsipnya biarkan kami melakukan pekerjaan dan nanti pada saatnya pasti akan kita sampaikan kepada masyarakat. Jadi memang betul kami sedang melakukan penyelidikan," kata Karyoto.

Sebelumnya, KPK menerima dokumen setebal 600 halaman terkait penyelenggaraan Formula E dari Pemprov DKI Jakarta. Dokumen tersebut nantinya akan ditelaah oleh KPK secara mendalam guna kepentingan proses penyelidikan dugaan kasus korupsi Formula E.

"Tim penyelidik akan menelaah dan mengkaji dokumen tersebut secara detail dan mendalam untuk memperoleh informasi dan data yang tentu diperlukan dalam proses penyelidikan perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (9/11).

Ali mengatakan KPK mengapresiasi sikap kooperatif Pemprov DKI Jakarta dengan menyerahkan dokumen tersebut. Dia berharap pihak terkait kooperatif jika dimintai keterangan terkait dugaan perkara ini.

"KPK berharap pihak terkait terus kooperatif untuk proses-proses berikutnya jika diperlukan keterangan dan konfirmasi lebih lanjut. Hal ini semata untuk memperlancar proses hukum demi keadilan dan terangnya suatu perkara," ucapnya.

BW Dampingi Pemprov DKI Serahkan Dokumen Formula E ke KPK

Mantan pimpinan KPK yang juga anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Bambang Widjojanto (BW), mendampingi Pemprov DKI dalam menyerahkan dokumen terkait Formula E ke KPK. BW mengatakan upaya ini agar program Formula E transparan tanpa harus ada yang disembunyikan.

"Dokumen kita kasih, mari silakan diperiksa. Kalau ada yang diperlukan lagi, kita akan berikan semuanya. Jadi supaya tidak ada yang ditutup-tutupi," kata BW di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (9/11).

BW mengatakan beberapa pihak juga ada yang diperiksa. Dia berharap dokumen yang telah diserahkan ke KPK ini dapat menunjukkan bahwa penyelenggaraan Formula E sesuai dengan aturan.

"Ini dokumen ini, saya ngomong tiga hal yang tadi memperkuat Pak Syaeful. Satu yang menerima kita, tadi sudah minta pimpinan itu adalah teman-teman diriksa ya yang lagi dilakukan pemeriksaan. Dan dari dokumen mudah-mudahan semua every single evidence yang kita punya, yang kita berikan kepada KPK, karena tujuannya yang penting kita mau bikin tradisi baru ya, tradisi baru bahwa government itu harus betul-betul bertanggung jawab terhadap proses yang harus dilakukan, jadi kita kasih semua dokumen itu," katanya.

(azh/yld)