Polisi Olah TKP Kebakaran Tangki Kilang Pertamina Cilacap

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 08:43 WIB
Warga menonton kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) dini hari. Tangki 36 T 102 terbakar pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.10 WIB itu berisi komponen pertalite. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Kebakaran tangki di kilang Pertamina Cilacap (Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA)
Jakarta -

Polri mengirim tim ke TKP kebakaran tangki kilang Pertamina di Cilacap. Polisi juga melakukan olah TKP dengan ahli untuk mengusut kebakaran tangki kilang Pertamina Cilacap tersebut.

"Ya menunggu hasil tim Labfor dan Inafis dulu untuk melaksanakan olah TKP bersama ahli," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Senin (15/11/2021).

Dedi mengatakan tim Labfor dan Inafis Polri masih bekerja di lapangan untuk mengumpulkan bukti dan memeriksa para saksi. Dia mengatakan hal tersebut dilakukan untuk menentukan penyebab kebakaran tangki kilang Pertamina Cilacap tersebut.

"Untuk menentukan penyebabnya, tim sedang bekerja dulu untuk mengumpulkan bukti-bukti di lapangan dan memeriksa para saksi," tuturnya.

Dedi enggan menyimpulkan ada tidaknya unsur pidana di kebakaran tangki kilang Pertamina di Cilacap itu. Menurutnya, semua bukti bakal dikaji lebih dulu.

"Ya tim sudah turun dan bekerja dulu. Bagaimana hasilnya nanti akan disampaikan pembuktian secara ilmiah," tutur Dedi.

Kebakaran tangki di Kilang Cilacap terjadi Sabtu malam (13/11). Api dipadamkan Minggu (14/11) pagi pukul 07.45 WIB.

Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kemudian buka suara terkait kebakaran tangki di kilang Cilacap. Ahok mengatakan sistem di Pertamina terpantau melalui Pertamina Integrated Command Center di Graha Pertamina. Ahok menyebut pihaknya menyerahkan pengusutan kebakaran tersebut kepada polisi.

"Semua terpantau dari command center yang udah jadi di Graha Pertamina depan Gambir. Soal pengusutan nanti biar Polri aja," kata Ahok, Minggu (14/11).

Ahok mengatakan ada laporan audit rutin pada sistem keamanan di tangki kilang Pertamina.

"Laporannya dan tinjauan ada," katanya.

(drg/haf)