Asisten Ajudan Ungkap Persiapan Matang Jokowi Mengaspal di Sirkuit Mandalika

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 15:59 WIB
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) ramai menjadi perhatian publik. Ada persiapan matang di balik Jokowi motoran di Sirkuit Mandalika.

"Di setiap kegiatan, Presiden selalu mempersiapkan diri semaksimal mungkin, tidak asal saja. Ini berlaku di setiap kegiatan lainnya, tidak hanya di saat peresmian Sirkuit Mandalika saja, saat menghadiri acara resmi baik nasional maupun internasional seperti KTT pun beliau sangat perhatian dan well prepared," kata Asisten Ajudan Presiden Jokowi, AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, kepada detikcom, Minggu (14/11/2021).

Syarif mengatakan Jokowi sangat detail memperhatikan semua persiapan sebelum menjajal lintasan. Jokowi, kata Syarif, ingin konsentrasi penuh saat hadir dalam suatu kegiatan.

"Kalau kita bisa liat saat ujicoba Mandalika, sebelumnya Presiden sudah mempersiapkan helm, motor, baju/jaket balap, celana balap, maupun sepatu, dan lain-lainnya, termasuk ban motor pun diperhatikan beliau," ujar Syarif.

"Ini menunjukkan bahwasanya beliau sangat berkonsentrasi penuh di saat menghadiri sebuah acara besar dan sangat memperhatikan hal yang detail," sambung Syarif.

Jokowi ingin acara peresmian Sirkuit Mandalika itu tak sekadar seremonial. Acara itu juga diharapkan dapat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat.

"Harapan dari acara peresmian sirkuit Mandalika yang sebegitunya dipersiapkan oleh beliau ini semua tidak lain supaya berita ini ramai diperbincangkan, dan tidak hanya diresmikan secara seremonial saja," ujar Syarif.

Untuk diketahui, Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika saat meresmikan sirkuit tersebut pada Jumat (12/11) kemarin. Jokowi menunggangi motor custom RI 1 berwarna dominan hijau miliknya saat mencoba lintasan sirkuit yang akan digunakan untuk ajang balapan internasional.

Jokowi mengenakan jaket hitam lengkap dengan helm warna senada, Jokowi mulai menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer itu. Jokowi tidak sendiri, sejumlah menteri dan pejabat tampak juga menumpangi sepeda motor masing-masing.

Dari garis start/finis, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam-putih atau dikenal sebagai chequered flag seraya mengayunkannya seiring dengan melajunya motor Jokowi.

Jokowi menumpangi motor Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Motor tersebut sebelumnya pernah dipakai Jokowi saat menjajal jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada 19 Desember 2019.

Jokowi menyebut bahwa banyak tikungan tajam di Sirkuit Mandalika itu. Dia pun mengaku kesulitan untuk menaklukkannya.

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11).

Jokowi mengaku bahwa trek Sirkuit Mandalika sangat sulit. Kendati demikian, Jokowi meyakini trek Sirkuit Mandalika mudah bagi pembalap profesional.

"Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ungkapnya.

Sementara itu itu, Jokowi juga mengaku tidak berani untuk memacu sepeda motornya kencang-kencang. Sebab, kondisi lintasan yang basah akibat diguyur hujan.

"Ini kan Sirkuit Mandalika ini kan sirkuit baru dan tadi kan juga baru saja hujan jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal," ujar Jokowi.

Simak video 'Momen Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)