Motor Custom Jokowi Mengaspal di Mandalika, Ini Serba-serbinya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 16:18 WIB
Motor Custom Jokowi Mengaspal di Mandalika
Motor Custom Jokowi Mengaspal di Mandalika / Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, NTB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaju dengan motor custom dalam rangka peresmian Sirkuit Mandalika.

Momen ini terjadi pada Jumat, 12 November 2021. Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika, yang akan digunakan untuk perlombaan balap kelas dunia, seperti World Superbike 2021 dan MotoGP.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan, yaitu World Superbike 2021, dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," kata Jokowi.


Simak informasi berikut ini mengenai motor custom Jokowi yang mengaspal di sirkuit Mandalika

Motor Custom Jokowi Mengaspal di Mandalika

Motor yang ditunggangi Presiden adalah Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Dengan menggunakan jaket hitam lengkap dengan helm warna senada, Presiden Jokowi menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer itu.

Saat menjajal lintasan sirkuit, Presiden Jokowi mengaku tidak berani untuk memacu sepeda motornya kencang-kencang. Hal itu dikarenakan kondisi lintasan yang basah dan licin akibat baru diguyur hujan.

Menurut Jokowi, trek Sirkuit Mandalika sangat sulit. Kendati demikian, Jokowi meyakini trek Sirkuit Mandalika mudah bagi pembalap profesional.

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin nggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Jokowi Tak Sendirian Mengendarai Motor Custom

Jokowi tidak sendiri dalam hal ini. Terlihat sejumlah menteri dan pejabat tampak juga menumpangi sepeda motor masing-masing. Jokowi dengan sepeda motor berwarna hijau miliknya terlihat melaju pertama kali dari garis start. Lalu pemotor lain mengikutinya di belakang.

Motor Custom Jokowi Mengaspal di MandalikaJokowi saat akan menunggangi motor custom (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi juga didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Selain itu, dari garis start/finis, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam putih atau dikenal sebagai chequered flag seraya mengayunkannya seiring dengan melajunya motor custom Jokowi.

Motor custom Jokowi sebelumnya juga pernah dipakai di lokasi lain. Simak ceritanya di halaman selanjutnya.