Jakarta PPKM Level 1, Pengunjung Ragunan Naik 100% di Pekan Ketiga Dibuka

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 12:24 WIB
Pengunjung Ragunan naik 100 persen
Pengunjung Ragunan (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

DKI Jakarta memberlakukan PPKM level 1. Di masa PPKM level 1 ini, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, sudah diperbolehkan, kini setelah tiga pekan beroperasi jumlah pengunjung Ragunan naik 100%.

Pekan pertama Ragunan dibuka tepatnya pada Sabtu (23/10/2021) tercatat jumlah pengunjung yang datang ada 4.000 orang. Pada pekan selanjutnya pengunjung mengalami peningkatan 100%, yakni 8.000 orang.

"Hari Sabtunya itu dari 4.000 menjadi 8.000 pengunjung. Itu sudah 100%," kata Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang kepada detikcom di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (14/11).

Menurut Bambang, ada dua faktor yang menyebabkan jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang signifikan, yakni penurunan level PPKM di DKI Jakarta dan sudah diperbolehkannya pengunjung dengan KTP non-DKI masuk ke Ragunan.

"Yang pertama karena diturunkan level PPKM menjadi level 1 jumlah kuota itu diizinkan menjadi 75% dari 25%. Yang kedua, pelonggaran KTP DKI, jadi enggak cuma KTP DKI yang boleh masuk yang membuat pengunjung kita melonjak," ujar Bambang.

Diketahui, jumlah pengunjung Ragunan kini kuotanya dibatasi 30 ribu orang di masa PPKM Level 1. Tercatat, pada pekan lalu jumlah pengunjung mencapai hingga 18 ribu orang.

"Perlu dicatat itu masih di bawah kuota. Ragunan ambil maksimalnya 30 ribu kuota. Pekan lalu itu 18 ribu di PPKM Level 1. Berarti itu masih di bawah kuota itu kan," papar Bambang.

Meski terbilang mengalami kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan, Bambang berharap protokol kesehatan tetap menjadi perhatian utama. Pihak Ragunan melakukan patroli untuk mengingatkan para pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Harapan kami pengunjung tetap patuh protokol kesehatan yang paling penting. Walau ramai apapun sepi protokol kesehatan tetap dijalankan. Selain dari pengeras suara, ada tim patroli untuk bantu mengingatkan," pungkasnya.

Data per pukul 10.00 WIB hari ini, tercatat sudah ada 9.630 pengunjung. Ragunan hari ini dibuka hingga pukul 14.30 WIB.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 09.30 WIB, Minggu (14/11/2021), sejumlah pengunjung ramai memasuki kawasan Taman Margasatwa Ragunan melalui gerbang utama. Tampak di depan gerbang utama saat ini sedang diberlakukan ganjil-genap.

Para calon pengunjung yang menggunakan sepeda motor dan mobil berpelat ganjil hari ini tidak diperkenankan parkir di dalam kawasan Ragunan. Petugas keamanan akan mengarahkan calon pengunjung untuk parkir di luar.

Pengunjung Ragunan naik 100 persenPengunjung Ragunan naik 100 persen (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Terlihat sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) berjaga di depan gerbang utama. Petugas tampak memeriksa pelat nomor kendaraan yang digunakan calon pengunjung.

Di area dalam, calon pengunjung akan diminta untuk melakukan scan QR Code tanda pembelian tiket masuk oleh petugas Taman Margasatwa Ragunan. Setelahnya, mereka akan diminta untuk melakukan scan aplikasi PeduliLindungi.

Tampak para pengunjung banyak menggelar tikar di area taman. Tampak pula para pengunjung yang berfoto ria di depan kandang hewan.

Mereka tampak semuanya sudah menggunakan masker. Tampak para pengunjung ramai berfoto dan mendatangi kandang macan dan jerapah.

Terlihat pula sejumlah pengunjung yang sedang berolahraga seperti bersepeda dan joging. Para pengunjung datang dari berbagai kalangan usia, dari anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Simak juga 'Saat Warga Kecewa Tak Bisa Masuk Ragunan, Belum Daftar Online-KTP Non DKI':

[Gambas:Video 20detik]

(rak/yld)