Asyik! Warga Ber-KTP Luar DKI Kini Boleh Masuk Ragunan Lagi

Marteen Ronaldo - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 12:28 WIB
Suasana Taman Margasatwa Ragunan, Sabtu (6/11/2021)
Suasana di TM Ragunan (Marteen/detikcom)
Jakarta -

Warga ber-KTP luar DKI kini bisa kembali mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Kebijakan ini berlaku setelah PPKM di Jakarta menjadi level 1.

"Kita sendiri tetap konsisten menjalankan prosedur ya walaupun kondisinya sudah turun dan telah terjadi pelonggaran dari yang tadinya hanya KTP DKI, sekarang luar DKI juga sudah boleh," kata pejabat Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, di Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (6/11/2021).

Dia mengatakan para pengunjung diharuskan memindai barcode sebelum masuk ke Ragunan. Wahyudi mengingatkan warga yang mengunjungi Ragunan harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Corona.

"Terus yang menjadi sangat penting dan selalu kita perhatikan kepada para pengunjung adalah pelaksanaan prokes di dalam Ragunan ini harus tetap dijalankan dengan konsisten, karena ini baru turun level 1, belum juga bebas," ujarnya.

Wahyudi Bambang mengatakan ada lonjakan jumlah pengunjung yang datang ke Ragunan. Dia menyebut ada 4.100 orang pengunjung yang datang hingga pukul 10.00 WIB.

"Sampai pukul 10.00 WIB tadi sudah ada 4.100 orang yang masuk ke Taman Margasatwa Ragunan. Ini data sudah agak meriah dibandingkan dibukanya awal Ragunan, yang hanya mencapai 4.900. Itu dari buka sampai tutup segitu jumlahnya," ujarnya.

"Yang diizinkan itu sekitar 45 ribu pengunjung, akan tetapi hal tersebut tidak terlalu mungkin, karena di level 2 kemarin pun tertinggi itu hanya mencapai 10 ribu pengunjung," sambungnya.

Wahyudi menyebut aturan ganjil genap (gage) menuju Ragunan masih terus diterapkan. Hal tersebut, katanya, berhasil menekan jumlah pengunjung.

"Kita tetap konsisten menjalankan pelaksanaan gage sebagai bentuk upaya pembatasan kendaraan yang masuk, karena dengan adanya gage ini alhamdulillah tempat parkir di sini cukup. Nah, lain ceritanya kalau ini tidak dilakukan," tuturnya.

Simak senangnya pengunjung Ragunan di halaman selanjutnya....