Menengok Sederet 'Hari Baik' Presiden Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 10:26 WIB
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata (Foto: Screenshot YouTube Setpres)
Foto: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata (Foto: Screenshot YouTube Setpres)

4. Reshuffle Ketiga

Reshuffle ketiga diumumkan pada 17 Januari 2018, Rabu Pahing. Awal Januari 2018 Presiden Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet. Kali ini satu lagi kader Partai Golkar diberikan tempat dalam kabinet.

- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mundur dari kabinet setelah memutuskan maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Sekjen Partai Golkar Idrus Marham ditunjuk menggantikan Khofifah.
- Eks Panglima TNI, Moeldoko menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Teten diminta menjadi Koordinator Staf Khusus Presiden.

5. Reshuffle Keempat

Reshuffle keempat dilakukan Jokowi pada 15 Agustus 2018, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet, lagi-lagi pada Rabu Pahing.

Di reshuffle ini kader PAN di kabinet, Asman Abnur mundur dari jabatannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pasalnya PAN memutuskan tidak mendukung Jokowi dalam pemilihan presiden 2019. Wakil Kepala Kepolisian, Komisaris Jenderal Syafruddin ditugaskan mengisi posisi yang ditinggalkan Asman.

Hanya beberapa hari berselang, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Mensos Idrus Marham sebagai tersangka dalam kasus korupsi PLTU Riau-1. Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk menggantikan koleganya di Partai Golkar itu.

6. Reshuffle Kelima

Reshuffle kelima di periode kedua kepemimpinan Jokowi terjadi pada 22 Desember 2020. Secara tanggalan Jawa, tangga tersebut merupakan Selasa pahing. Total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju. Namun, pelantikan keenam menteri ini dilakukan keesokan harinya yakni 23 Desember 2020, yang bertepatan dengan Rabu Pon. Berikut keenam menteri yang dilantik:

Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
Menteri Perdagangan: M. Lutfhi
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

Kembali ke Jenderal Andika Perkasa, pekan depan ada hari yang bertepatan dengan Rabu Pahing yakni 17 November 2021. Isu reshuffle pun mengemuka di tengah kepastian jadwal pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Informasi yang dihimpun, ada kursi yang sudah disiapkan untuk Hadi Tjahjanto, yang baru saja melepas jabatan Panglima TNI, di Kabinet Indonesia Maju. Hadi dikabarkan akan masuk kabinet dalam reshuffle yang kabarnya akan digelar bulan ini.

Istana kabarnya sedang mempertimbangkan kursi Kepala Staf Presiden atau Menko Polhukam untuk Hadi. Perubahan formasi di Kabinet Indonesia Maju kini kabarnya sedang dalam tahap finalisasi. Sejumlah menteri dikabarkan akan bergeser posisi.

Apakah pelantikan Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI dilakukan di Rabu Pahing 17 November berbarengan dengan reshuffle kabinet?


(eva/gbr)