Jokowi Tutup Peparnas XVI Papua: Kita Merayakan Keberagaman

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 18:41 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Tangkapan layar YouTube Peparnas XVI Papua 2021
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua. Jokowi menyampaikan Peparnas bukan hanya perayaan olahraga, tapi juga merayakan keberagaman Indonesia.

"Melalui PON dan Peparnas di Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan, dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan nama negara," ucap Jokowi dalam pidato penutupan Peparnas, Sabtu (13/11/2021).

"Terima kasih atas kerja keras semua pihak yang telah menyukseskan Peparnas ke-16 ini," ujar Jokowi.

Jokowi juga memuji Papua yang berhasil keluar sebagai juara umum Peparnas ke-16. Papua berada di posisi pertama dengan mengoleksi 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu.

"Secara khusus saya mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya di Peparnas ini. Provinsi Papua juara umum. Meraih medali terbanyak, dan selamat kepada Papua telah sukses sebagai tuan rumah PON dan Peparnas," katanya.

Jokowi memuji Papua yang telah berhasil menjadi tuang rumah PON dan Peparnas. Dia menyatakan keberhasilan ini menunjukkan warga Papua hebat dan profesional.

"Saya tegaskan lagi, bukan hanya torang bisa, tapi semua ini menunjukkan torang hebat, sekali lagi torang hebat," kata Jokowi.

(aik/aik)