Forum Warga Sambut Baik Pembebasan 293 Lahan untuk Normalisasi Ciliwung

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 22:58 WIB
Ketua Forum Warga Normalisasi Kali Ciliwung RW 07, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Sari Budi Handayani
Ketua Forum Warga Normalisasi Kali Ciliwung RW 07, Kelurahan Rawajati, Jaksel, Sari Budi Handayani (Hanafi/detikcom)

Kemudian, Sari membayangkan dia dan warganya mendapatkan penggantian lahan yang lebih masuk akal. Dia membandingkan proses penggusuran dengan daerah lain.

"Karena ngebayangin di daerah lain mereka digusur, mereka tidak sedih, malah mereka gembira. Berarti mereka dimanusiain. Itu di daerah, apalagi mungkin di Jakarta," katanya.

"Warga inginnya tahun ini, seperti janjinya mereka juga. Semoga janji itu, kita tidak di-PHP-in lagi," imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembebasan lahan untuk normalisasi sungai tahun ini. Total ada 293 bidang tanah yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

"Insyaallah di bulan November-Desember ini bisa selesai beberapa bidang yang sudah disepakati," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (11/11) malam.

Riza memerinci lahan tanah tersebut terdiri dari 19 bidang lahan di Bantaran Kali Ciliwung, 151 bidang di Kelurahan Rawajati, 18 bidang di Kali Pesanggrahan. Kemudian 68 bidang di kawasan Kali Sunter-Kali Cipinang, 20 bidang di Kelurahan Pondok Bambu, 3 bidang di Kelurahan Cipinang, dan 10 bidang di Jalan Ganceng.

Satu bidang tanah di Kali Kramat-Pondok Kelapa serta 3 bidang lainnya yang sedang dalam tahapan musyawarah dengan pemilik lahan. Jika diakumulasikan, total ada 293 bidang lahan yang segera dibebaskan.


(fas/isa)