KPK Bakal Panggil Pihak Jakpro Terkait Kasus Formula E

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 17:08 WIB
Jadwal Formula E Jakarta
Foto: Formula E
Jakarta -

KPK kini sedang mengkorek-korek dugaan korupsi pada penyelenggaraan Formula E. KPK tak pandang bulu untuk memanggil pihak-pihak yang diduga mengetahui untuk mencari unsur pidananya, termasuk dari Jakpro selaku penyelenggara.

"Saya kira siapa pun yang juga mengetahui dan keseluruhan penyelenggaraan Formula E ini akan dipanggil dan dimintai keterangan oleh tim penyelidik untuk memastikan apakah benar di dalam penyelenggaraan ini ada peristiwa pidana," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (11/11/2021).

Ali mengatakan kini KPK masih dalam tahap proses penyelidikan untuk menggali unsur pidananya. KPK sekarang sedang mengumpulkan bahan keterangan yang tentunya akan dijadikan bukti.

"Pada prinsipnya kan proses penyelidikan itu mencari peristiwa pidana dan itu nanti ketika mencari peristiwa pidana ini ada pengumpulan data, informasi, dan bahan keterangan," katanya.

Lebih lanjut, Ali menyebut, jika tak ditemukan bukti, tentu penyelidikan ini akan dihentikan. Namun, jika ditemukan adanya bukti, KPK tentu akan mencari tersangkanya.

"Jadi, penyelidikan ini yang dicari adalah peristiwa pidananya dulu, apakah ada atau tidak. Kalau kemudian tidak ada (peristiwa pidananya), ya tidak dilanjutkan, kalau ada ya akan dipertimbangkan apakah bisa ditemukan orang yang dipertanggungkan," ujarnya.

KPK Selidiki Dugaan Korupsi Formula E

KPK kini tengah melakukan penyelidikan terhadap penyelenggaraan Formula E. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengatakan KPK akan 'menjahit' kronologi penyelenggaraan ini secara runut.

"Kalau penyelidikan apa pun informasi yang ada, tentunya akan kami jaring. Nanti kami kait-kaitkan, kami jahit apakah kronologinya dan lain-lain. Ya namanya kalau misalnya sebuah proyek pengadaan atau proyek inisiasi itu, kita urut dari kronologinya," kata Karyoto dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021).

Karyoto mengatakan KPK tentu akan menyampaikan perkembangan atas penyelidikan dugaan kasus ini.

"Dan prinsipnya biarkan kami melakukan pekerjaan dan nanti pada saatnya pasti akan kita sampaikan kepada masyarakat. Jadi memang betul kami sedang melakukan penyelidikan," kata Karyoto.

Simak Video: Usut Dugaan Korupsi Formula E, KPK: Sedang Kami Selidiki

[Gambas:Video 20detik]