ADVERTISEMENT

Banjir di Jember Terkini, Ini Informasi Terbarunya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 16:55 WIB
Banjir di Jember terkini
Banjir di Jember terkini / Foto: ANTARA FOTO/SENO
Jakarta -

Banjir di Jember kembali terjadi pada Kamis (10/11) kemarin. Imbas hujan deras, beberapa titik banjir di Jember kian meluas. Berikut beberapa fakta banjir di Jember terkini.

Akibat banjir di Jember, 120 rumah tergenang air. Meski tidak ada korban jiwa, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember terus melakukan pendataan guna mengetahui dampak luapan banjir.

Untuk mengetahui informasi terkini banjir di Jember terkini, detikcom sudah merangkumkannya di bawah ini.

Banjir di Jember Terkini: 8 Titik Banjir dan Longsor

Banjir di Jember mengakibatkan titik lokasi banjir kian meluas. Bahkan, beberapa lokasi juga diprediksi mengalami tanah longsor.

Menurut BPBD Jember, banjir di Jember kali ini mengakibatkan 8 titik bencana banjir dan longsor. Dari data yang dihimpun, ketinggian air berkisar 50 cm hingga 60 cm.

Adapun kedelapan lokasi yang dimaksud yakni:

  • Desa Manggisan Manggisan Kecamatan Tanggul, khususnya RA - SMP 1 Islam Manggisan yang terendam air dengan ketinggian ± 40 cm.
  • Tanah longsor menerjang Desa Kramat Sukoharjo, Kecamatan Tanggul. Beruntungnya, tidak ada kerusakan di lokasi ini
  • Dusun Gondang RW 13 Desa Darungan, Kecamatan Tanggul terendam banjir. Meski banjir surut dalam waktu lima menit, namun setidaknya ada 75 rumah yang tergenang air. Sedangkan 75 KK terdampak banjir di Jember.
  • Tanah longsor yang melanda Dusun Krajan I Desa Patemon, Kecamatan Tanggul. Akibatnya, satu rumah rusak dan korban mengungsi di rumah saudaranya. Meski demikian, tidak ada korban jiwa di lokasi tersebut.
  • Tanah longsor menutupi akses jalan tujuan wisata Gunung Gambir Sumberbaru. Akses jalan tertutupi material tanah, beruntungnya tidak ada korban jiwa.
  • 544 rumah warga dan satu musala di Desa Pondok Joyo terendam banjir dengan ketinggian 70 centimeter.
  • 120 rumah warga di Desa Pondok Dalem terendam banjir. Air merendam rumah warga di RW 13, RW 14 dan RW 15. Dari data sementara, sekitar 84 warga mengungsi di balai desa.
  • 200 rumah warga, sekolah MI, SD, TK dan masjid tergenang banjir. Sementara jumlah warga yang mengungsi ada 177 orang, beberapa di antaranya mencakup lansia, ibu hamil dan balita.

Banjir di Jember Terkini: 120 Rumah Dilanda Banjir

Banjir di Jember mengakibatkan 120 rumah di Dusun Pindok Rampal, Desa Pondok Joyo, Kecamatan Semboro tergenang air. Banjir itu dipicu karena meluapnya sungai Tanggul.

"Data Masuk sementara, Dusun Pondok Rampal, Desa Pondok Joyo, Kecamatan Semboro sekitar 120 rumah yang tergenang," kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jember, Sukirno, Rabu (10/11).

Dia mengungkapkan sebagian besar rumah yang tergenang banjir tidak jauh dari aliran Sungai Tanggul. Rumah tersebut sebagian besar posisinya lebih rendah daripada sungai, artinya jarak rumah dengan aliran sungai hanya 50 meter.

Imbas banjir di Jember, ketinggian air yang melanda berkisar 40 cm. Warga pun terpaksa mengungsi ke tempat ibadah dan kantor desa.

"Dengan kisaran ketinggian air lebih kurang 40 sentimeter. Warga saat ini beberapa mengungsi dan diberikan pengobatan sama pihak medis setempat," jelas Sukirno.

Demikian informasi mengenai banjir di Jember terkini. Di musim hujan ini, mari jaga kesehatan dan antisipasi banjir.

(imk/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT