Anies Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan Ke-76 di Balai Kota

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 09:37 WIB
Anies Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan ke-76 di Balai Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Balai Kota DKI Jakarta pagi ini menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan ke-76. Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pantauan detikcom, upacara dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Upacara dilakukan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. Anies didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajaran kepala Dinas di Pemprov DKI dan perwakilan unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

Jumlah peserta maupun tamu yang hadir dalam upacara dibatasi. Mereka terdiri dari pegawai di instansi Pemprov DKI mengenakan seragam Korpri.

Selain itu, ada paskibraka beserta korps musik pengiring upacara. Barisan diatur sedemikian rupa agar menjaga jarak. Seluruh peserta dan tamu undangan memakai masker.

Anies membacakan pidato sambutan Hari Pahlawan yang dibuat oleh Menteri Sosial RI Tri Rismaharini. Diketahui, pidato ini dibacakan saat wilayah di Indonesia menggelar upacara bendera.

Dalam sambutannya, pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat mengalahkan kemiskinan dan kebodohan di era saat ini. Pemerintah menganggap kedua hal ini merupakan musuh bangsa.

Anies dalam pidatonya juga berbicara, di masa depan, Indonesia akan memasuki bonus demografis minimal. Jadi, ke depan, pemerintah berharap RI dapat menumbuhkan tenaga kerja produktif yang siap melawan kemiskinan.

"Beri kontribusi pada negara. Apa manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, jika kita bukan tuan dan nyonya di negeri ini. Kita akan buka kesempatan para penerima bansos dari kemiskinan," kata Anies saat membacakan pidato, Rabu (10/11/2021).

(taa/yld)