4 Fakta WN China Otak Pinjol Ilegal yang Bikin Ibu di Wonogiri Bunuh Diri

ADVERTISEMENT

4 Fakta WN China Otak Pinjol Ilegal yang Bikin Ibu di Wonogiri Bunuh Diri

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 07:13 WIB
Jakarta -

Seorang warga negara (WN) China diduga otak koperasi simpan pinjam (KSP) yang menaungi pinjol ilegal ditangkap. Pinjol ilegal itu diduga yang menyebabkan ibu di Wonogiri, Jawa Tengah, gantung diri karena terlilit utang pinjol dan diteror.

WN China yang ditangkap itu berinisial WJS. Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Helmy menuturkan tim mulai melakukan pendalaman di sekitar lokasi sejak 27 Oktober 2021.

WJS pun akhirnya ditangkap Bareksrim di Bandara Seotta.

"Telah dilakukan penangkapan tersangka WNA terkait pinjaman online diduga otak atas nama WJS alias BH alias JN," ujarnya, Selasa (9/11/2021).

Helmy menjelaskan, berdasarkan pengakuan tersangka lain, WJS merupakan direktur bisnis dan pemilik KSP Inovasi Milik Bersama (IMB). Dirangkum detikcom, berikut fakta-faktanya soal penangkapan otak pinjol ilegal, WJS:

Tinggal di Apartemen di Jakarta Utara

WJS diketahui sehari-hari tinggal di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Utara. KSP Inovasi Milik Bersama (IMB) yang dimiliki WJS biasa melakukan rekrutmen terhadap orang-orang untuk bagian dari bisnis. Mereka juga mencari pinjol-pinjol ilegal untuk menjadi mitra KSP IMB.

"Dia berperan sebagai direktur bisnis dan pemilik KSP Inovasi Milik Bersama (IMB), melakukan rekrutmen terhadap orang-orang untuk bagian bisnis pada KSP IMB, dan mencari pinjol-pinjol ilegal untuk menjadi mitra KSP IMB," ucap Helmy.

Polisi mengantongi sejumlah barang bukti dari WJS, di antaranya bukti percakapan WeChat hingga HP dan laptop.

"Ditemukan petunjuk berupa screenshot percakapan WeChat yang menerangkan bahwa WJS mengakui dirinya sebagai penanggung jawab pada payment gateway Flinpay dan pemilik sebagian saham pada payment gateway Flinpay," imbuh Helmy.

Diduga Mau Kabur ke Tukri

WJS ditangkap Bareskrim Polri di Bandara Soetta. Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Helmy Santika mengatakan lokasi penangkapan WJS lebih tepatnya berada di Terminal 3 Bandara Soetta.

WJS sedang menunggu pesawat dengan tujuan ke Istanbul, Turki.

"Tersangka WJS ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat akan melakukan penerbangan menuju Turki bersama dua orang rekannya," ujarnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT