5 Desa di Aceh Dilanda Banjir, Ratusan Warga Terdampak

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 12:33 WIB
Banjir di Aceh (dok. BPBD Aceh)
Banjir di Aceh (dok. BPBD Aceh)
Banda Aceh -

Lima desa di dua kabupaten di Aceh dilanda banjir. Selain itu, ada tanah longsor di beberapa titik.

"Banjir terjadi di empat desa di Simeulue dan satu desa di Aceh Tengah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Ilyas, kepada wartawan, Senin (8/11/2021).

Ilyas mengatakan banjir di Simeulue melanda Desa Leubang Hulu, Desa Abail, Desa Kuala Baro, dan Desa Suak Buluh. Banjir merendam permukiman penduduk serta jalan desa.

Banjir terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Ilyas menyebut belum ada laporan soal pengungsi akibat banjir tersebut.

"Di Desa Leubang Hulu tercatat 117 KK atau 452 jiwa yang terdampak banjir. Sedangkan di desa lain masih dalam proses pendataan," jelas Ilyas.

BPBD Simeulue sudah dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga dan menyiapkan tenda. Dia mengatakan banjir belum surut.

"Laporan terakhir yang diperoleh BPBA, air belum surut dan masih merendam rumah warga," ujarnya saat dihubungi pukul 12.20 WIB.

Selain itu, banjir terjadi di Kampung Kuyun, Kecamatan Celala, Aceh Tengah. Banjir di sana menyebabkan tujuh rumah serta 57 hektare sawah terendam.

"Di Aceh Tengah juga terjadi longsor di delapan titik yang menutupi badan jalan dari Kecamatan Pegasing dan Kecamatan Linge," jelas Ilyas.

Menurutnya, banjir di Aceh Tengah terjadi sejak pagi tadi dan hanya beberapa jam. Masyarakat disebut mulai membersihkan rumah yang terendam.

"Untuk jalan sudah dapat dilalui oleh semua kendaraan," katanya.

(agse/haf)