Andika Perkasa Belum Tahu Jadwal Pelantikan sebagai Panglima TNI

Eva Safitri - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 11:54 WIB
Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI usai menggelar fit and proper test.
Panglima TNI baru Jenderal Andika Perkasa (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jenderal TNI Andika Perkasa resmi disetujui DPR RI sebagai Panglima TNI baru. Andika Perkasa mengaku belum tahu jadwal pelantikan dirinya sebagai Panglima TNI baru.

"Saya belum dikasih tahu, belum dikasih tahu sampai sekarang," kata Andika Perkasa di kompleks parlemen usai rapat paripurna, Senin (8/11/2021).

Andika Perkasa berterima kasih kepada DPR RI yang telah menyetujui dirinya sebagai Panglima TNI baru. Andika Perkasa masih menunggu langkah presiden selanjutnya.

"Berikutnya saya masih menunggu untuk resminya dari Presiden," kata Andika.

Andika Perkasa ditanyai soal penerusnya di posisi KSAD. Andika menegaskan seluruh kewenangan tersebut ada di Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nama yang milih nanti Presiden," kata Andika.

Andika enggan berbicara lebih banyak soal penerusnya di KSAD. "Nanti setelah ada resminya baru nih... saya nggak mau mendahului, nanti disangka 'GR' dan memang bukan kewenangan saya," ujar Andika Perkasa.

Andika Perkasa Panglima TNI Baru

Komisi I telah melakukan verifikasi administrasi hingga fit and proper test Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Kemarin, rombongan Komisi I melakukan verifikasi faktual mengunjungi rumah Andika di wilayah Senayan.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyebut verifikasi faktual ini penting untuk memastikan tempat tinggal Andika. Turut hadir dalam kunjungan ke rumah Andika, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus.

"Tujuannya adalah untuk bersilaturahmi ke rumah beliau, kita ingin memastikan bahwa beliau memang tinggal di sini, berkeluarga, dan bertemu juga dengan puteranya tadi. Ya kalau bahasa kerennya verifikasi faktual," kata Abdul Kharis di kediaman Andika di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11).

(gbr/tor)