DPR Setujui Pemberhentian dengan Hormat Panglima TNI Marsekal Hadi

Eva Safitri - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 11:42 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di ruang kerjanya
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto: Dok. Puspen TNI).
Jakarta -

Rapat paripurna DPR RI hari ini menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI baru. Dalam rapat tersebut, DPR RI juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Rapat paripurna persetujuan Panglima TNI baru digelar di Kompleks Parlemen, Senin (8/11/2021). Rapat dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani yang didampingi para wakil ketua DPR seperti Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel dan Lodewijk Paulus.

Rapat diawali laporan Komisi I DPR RI soal fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI atas nama Andika Perkasa. Laporan itu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

"Komisi I DPR RI memutuskan, yang pertama, menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya," kata Meutya Hafid soal pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto dari posisi Panglima TNI.

Selanjutnya, Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin kembali forum rapat paripurna. Puan meminta persetujuan seluruh anggota DPR soal laporan Komisi I DPR.

"Laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon panglima TNI tentang pemberhentian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan menetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?" kata Puan Maharani.

"Setuju," jawab anggota Dewan.

Andika Perkasa Panglima TNI Baru

Komisi I telah melakukan verifikasi administrasi hingga fit and proper test Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Kemarin, rombongan Komisi I melakukan verifikasi faktual mengunjungi rumah Andika di wilayah Senayan.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyebut verifikasi faktual ini penting untuk memastikan tempat tinggal Andika. Turut hadir dalam kunjungan ke rumah Andika, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus.

"Tujuannnya adalah untuk bersilaturahmi ke rumah beliau, kita ingin memastikan bahwa beliau memang tinggal di sini, berkeluarga, dan bertemu juga dengan puteranya tadi. Ya kalau bahasa kerennya verifikasi faktual," kata Abdul Kharis di kediaman Andika di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11).

Tonton video 'Tok! DPR Setujui Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)