Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Parung Jaya

Khairul Ma'arif - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 19:20 WIB
Hujan deras disertai angin kencang di Kota Tangerang sempat menyebabkan satu pohon tumbang hingga menutup jalan. Pohon tumbang ini terjadi di Jalan Parung Jaya, Kelurahan Parung Jaya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.
Pohon tumbang di Jalan Parung Jaya. (Dok. BPBD Kota Tangerang)
Tangerang -

Hujan deras disertai angin kencang di Kota Tangerang sempat menyebabkan satu pohon tumbang hingga menutup jalan. Pohon tumbang ini terjadi di Jalan Parung Jaya, Kelurahan Parung Jaya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

"Tadi penyebabnya hujan besar disertai angin kencang sejak pukul 14.00 WIB pas sekitar pukul 14.30 WIB pohon jambu ini langsung roboh. Pas roboh suaranya bergemuruh banget," ujar seorang warga, Hasan Supendi saat ditemui di lokasi, Minggu (7/11/2021).

Letak tempat kerja Hasan dengan pohon tumbang ini hanya sekitar sepuluh meter. Hasan mengaku saat detik-detik menjelang pohon ini tumbang melihat secara langsung.

Hasan menuturkan sebelum tumbang, pohon setinggi 12 meter ini menyangkut di kabel listrik terlebih dahulu. Dia menjelaskan pohon ini menyangkut di kabel sebelum akhirnya dievakuasi oleh damkar.

"Tadi sempat menutup jalan dari pukul 14.30 WIB tadi itu sampai pukul 15.30 WIB nggak bisa dilewatin. Terus ada inisiatif warga sekitar untuk membersihkan sebisanya baru sepeda motor bisa lewat pukul 16.00 WIB. Tapi tadi itu hanya bisa dilewati sepeda motor doang. Mobil belum bisa lewat sini," tambah Hasan.

Hasan menjelaskan petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Tangerang sudah datang ke lokasi sejak pukul 15.30 WIB. Tetapi petugas damkar tidak langsung mengevakuasi karena pohon yang menyangkut di kabel listrik.

"Jadi niatnya tadi mau menghubungi PLN dulu untuk dimatikan listriknya. Saat dicek ternyata tidak ada aliran listriknya di kabelnya. Jadi petugas damkar mulai bergerak pukul 17.30 WIB," jelasnya.

Pada pukul 18.45 WIB, petugas damkar sudah selesai melakukan evakuasi pohon tumbang ini. Sudah tidak ada lagi pohon yang menghalangi jalan yang mengakibatkan kendaraan mobil tidak bisa lewat. Saat ini, kendaraan baik roda dua ataupun roda empat sudah bisa melalui jalan ini.

(rfs/rfs)