Jalur Tergenang, KRL Tanah Abang Tertahan Sejam Akhirnya Balik ke Serpong

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 17:24 WIB
Syarat Naik KRL Terbaru Mulai 8 September: Tunjukkan Sertifikat Vaksin
Ilustrasi KRL (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Perjalanan KRL relasi Rangkasbitung-Tanah Abang tertahan sekitar satu jam karena jalur kereta antara Stasiun Pondok Ranji-Kebayoran digenangi air imbas hujan deras yang mengguyur. Akhirnya kereta tersebut tak melanjutkan perjalanannya hingga ke Stasiun Tanah Abang.

Seorang penumpang KRL yang tertahan imbas karena jalur kereta tergenang air, Brenda Prima, menyebut dirinya tertahan di dalam kereta dari sekitar pukul 15.30 WIB. Dia hendak melakukan perjalanan ke Stasiun Kebayoran, tapi keretanya tertahan di kawasan Pesanggrahan.

Pada pukul 16.45 WIB, Brenda menginformasikan bahwa kereta yang ditumpanginya sudah bisa berjalan. Tapi ternyata, kereta itu tak melanjutkan perjalanan ke Stasiun Tanah Abang.

"Kereta ini ternyata mundur, balik ke Serpong. Yang Tanah Abang disuruh turun di Pondok Ranji," ucapnya saat dikonfirmasi, Minggu (7/11/2021).

"Ini udah jalan, terus diumumin gitu pas balik ke Pondok Ranji, auto panik berasa di-PHP-in," tambahnya.

Pukul 17.15 WIB, menyebut bahwa penumpang KRL dengan tujuan akhir hingga Stasiun Tanah Abang yang sempat diturunkan di Stasiun Pondok Ranji kembali dibolehkan naik kereta. Akhirnya KRL tersebut kembali melaju ke arah Stasiun Tanah Abang.

KAI Commuter Minta Maaf

Sementara itu, pihak KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan penumpang karena kendala tersebut. Menurut Manager External Relations KAI Commuter Adli Hakim, KRL rute Rangkasbitung-Tanah Abang ini tertahan di Km 17+3/5 pukul 15.39 WIB karena curah hujan tinggi di wilayah tersebut yang mengakibatkan tergenangnya jalur rel.

"Hingga saat ini perjalanan lintas Pondok Ranji-Kebayoran masih terkendala adanya genangan air di jalur rel. Satu rangkaian kereta, yaitu KA 2103 relasi Rangkasbitung-Tanah Abang, juga menunggu aman untuk melintasi lokasi," ujarnya.

Adli menyebut untuk perjalanan KRL ke arah sebaliknya, yaitu lintas Kebayoran-Pondok Ranji, masih dapat dilalui dengan kecepatan terbatas. Menurutnya, saat ini petugas di lapangan sedang berusaha mengatasi kendala tersebut.

"KAI Commuter juga melakukan rekayasa operasi dengan mengatur KA 2097 relasi Rangkasbitung-Tanah Abang menjadi Pondok Ranji-Serpong, dan KA 2099 relasi Parungpanjang-Tanah Abang menjadi Pondok Ranji-Rangkasbitung," katanya.

"KAI Commuter mengimbau seluruh pengguna KRL untuk mengikuti arahan petugas di lapangan. Tetap patuhi protokol kesehatan. Informasi lengkap seputar perjalanan KRL dapat dilihat melalui akun media sosial @commuterline dan call center 021-121," imbuhnya.

(fas/dhn)