ADVERTISEMENT

Legislator Gerindra Ajak Ibu-ibu Belajar Budi Daya Tanaman di Rumah

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 17:01 WIB
Gerindra
Foto: Gerindra
Jakarta -

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Endang Setyawati Thohari memfasilitasi ibu-ibu untuk membuat cadangan pangan mandiri di halaman rumah. Dalam kegiatan ini, ia bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI.

Anggota Komisi IV DPR RI ini menjelaskan, pihaknya bersama Balitbangtan melatih ibu-ibu dari sejumlah kelompok. Mulai dari Perempuan Indonesia Raya (PIRA), Perempuan Penggiat Pertanian Indonesia (PPPI), Dekopin, anggota Koperasi Garudayaksa Nusantara, serta mengajak ibu-ibu belajar budi daya Tanaman Hias, Rempah, dan Obat Herbal di Rumah Aspirasi Endang Setyawati, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

"Beberapa materi yang diturunkan di antaranya, hasil olahan rempah sebagai obat di masa pandemi dengan pemateri ibu Rismayani, S.P, M Agr, dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, kemudian dilanjutkan dengan Budaya Tanaman Bunga Anggrek oleh ibu Dr Dedeh Kurniasih perwakilan dari Balithi Balai Penelitian Tanaman Hias, lalu Ibu Pebriyanti M. Si dari Balithi juga memberikan praktek cara dan budi daya tanaman bunga berdaun indah," papar Endang dalam keterangan tertulis, Minggu (7/11/2021).

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga mengadakan bazar untuk mendukung produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

"Beragam produk alami yang berasal dari tumbuhan telah menjadi komoditi komersial yang menarik bagi para pengusaha tanaman," imbuhnya.

Endang menilai, selama ini masih banyak ibu-ibu yang mengelola halaman rumah dengan budi daya seadanya dan sangat terbatas. Padahal menurutnya, ada potensi yang bisa dimanfaatkan dari budi daya tanaman ini yang bukan hanya bernilai ekonomis. Akan tetapi juga bisa menjadi cadangan pangan, obat-obat, dan lain sebagainya.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku tanaman obat, tanaman hias, dan tanaman pangan adalah dengan melakukan pengembangan budi daya di pekarangan rumah atau memanfaatkan sepanjang pinggiran jalan yang masih kosong, tentunya akan lebih memberdayakan para warga," jelasnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini masyarakat termotivasi untuk bercocok tanam. Baik itu tanaman hias, tanaman obat, sayur-sayuran, atau bahan tanaman lainnya.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT