ADVERTISEMENT

Kabaharkam Ajak 12 Bhabinkamtibmas Berprestasi Ngopi dan Naik Heli

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 21:32 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meracikkan kopi hitam untuk 12 Bhabinkamtibmas berprestasi.
Foto: Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meracikkan kopi hitam untuk 12 Bhabinkamtibmas berprestasi. (dok. Baharkam Polri)
Jakarta -

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam), Komjen Arief Sulistyanto menjamu 12 Bhabinkamtibmas berprestasi dengan secangkir kopi racikannya. Tak hanya itu, kedua belas Bhabinkamtibmas juga diajak patroli udara dengan helikopter.

Hal itu dilakukan Arief karena 12 Bhabinkamtibmas itu melakukan inovasi dalam menjalankan tugas sehari-hari. Mereka mendirikan pondok pesantren hingga merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Kegiatan yang mereka lakukan mendirikan pondok pesantren untuk pembinaan remaja dan warganya, membuka sanggar seni Reog Ponorogo untuk pembinaan kesenian warganya, mengajar bahasa Arab di Madrasah," kata Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/11/2021).

"Menggerakkan kelompok tani menanam Porang untuk meningkatkan kesejahteraan sehingga bisa mengeliminir niat jahat, membina dan merawat ODGJ dan pedagang kaki lima dengan membuat video Youtube yg subscribernya 1,5 juta sehingga bisa digunakan untuk membiayai perawatan ODGJ dan memberdayakan pedagang kecil dan pembinaan remaja," sambung Arief.

Arief mengatakan dirinya menemui 12 Bhabinkamtibmas itu usai mereka diundang stasiu televisi swasta atas kiprahnya. Undangan kongkow bareng Kabarharkam, lanjut Arief, merupakan kejutan bagi 12 Bhabinkamtibmas tersebut.

"Saya lanjutkan dengan dialog untuk menerima masukan dan memberikan arahan-arahan tentang tugas Bhabinkamtibmas. Saya tekankan bahwa tugas Binmas Polri adalah tugas yang mulia, misinya adalah menyerukan kebajikan, menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah yang munkar," jelas mantan Kabareskrim Polri ini.

"Tugas ini adalah misi Ketuhanan atau misi Ilahiah yang harus dilakukan dengan ikhlas. Jangan ada pamrih dalam menjalankan tugas, jangan menjalankan tugas karena mengejar sensasi, tetapi mencari legitimasi," imbuh Arief.

Arief mengatakan Binmas adalah polisi masa depan karena ke depan Polri akan lebih mengutamakan pendekatan dialogis yang humanis dalam menjalankan praktek perpolisian. Seiring perkembangan zaman, Polri juga wajib meninggalkan sikap arogan di tengah masyarakat.

Dalam jamuan ini, Arief didampingi Kakor Binmas. Dua belas Bhabinkamtibmas selanjutnya diajak mengunjungi Markas Polisi Udara hingga menaiki helikopter patroli Baharkam Polri.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT