Panglima TNI Puji Keharmonisan Antarumat Beragama di Manggarai Barat

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 19:49 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar dialog dengan tokoh lintas agama di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar dialog dengan tokoh lintas agama di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (dok. Puspen TNI)
Manggarai Barat -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memuji keberhasilan para tokoh agama di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam menjaga keharmonisan antarumat. Hadi menyebut keharmonisan ini sebagai buah dari sikap saling menghormati yang diwariskan nenek moyang.

"Merupakan sebuah kehormatan bagi saya dapat bertatap muka dalam rangka silaturahmi bersama tokoh lintas agama di Labuan Bajo. Selain terkenal karena objek wisatanya, Manggarai Barat memiliki kekayaan sosio kultural keagamaan yang sangat tinggi," kata Hadi di lokasi, Sabtu (6/11/2021).

"Hal ini terlihat dari keharmonisan kehidupan antarumat beragama yang dilandasi oleh sikap saling menghormati yang diwariskan dari generasi ke generasi," sambung Hadi.

Menurut Hadi, keharmonisan masyarakat Manggarai Barat jadi bukti komitmen dan sinergi kuat tokoh lintas agama setempat. Suasana damai, ucap Hadi, tentu mendukung program pemerintah menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata superprioritas dan premium.

Di sisi lain, Hadi mengingatkan agar para tokoh agama mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama di akhir tahun. Hadi memprediksi ribuan turis domestik dan mancanegara akan menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru di Labuan Bajo.

"Keberhasilan para tokoh lintas agama untuk menjaga keharmonisan di Manggarai Barat menjadi modal utama untuk membantu pemerintah daerah menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang majemuk untuk proaktif dalam upaya penanganan pandemi," ungkap Hadi.

"Salah satunya adalah dengan membantu mensosialisasikan dan menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat rentan, para lansia dan remaja usia sekolah," sambung dia.

Mengakhiri pertemuannya dengan tokoh lintas agama, Hadi berharap sinergisitas antartokoh di Manggarai Barat dan TNI-Polri dapat memberi kontribusi signifikan bagi pembangunan dan kemajuan Indonesia. "Semoga kita mampu bersinergi dan berkolaborasi sesuai bidang masing-masing untuk membangun bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas dia.

Setelah bertemu tokoh lintas agama, Hadi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi lansia, pelayanan publik, pelajar usia 12 ke atas serta masyarakat umum. Dari lokasi vaksinasi, Hadi bersama Sigit melanjutkan kunjungan kerja ke kompleks Mako Brimob Presisi, NTT, yang tengah dibangun.

"Alhamdulillah, Bapak dan Ibu agar dijaga dan dirawat rumah ini, serta tetap jaga kesehatan seluruh keluarga," kata Hadi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Kompleks Brimob Presisi di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan kompleks Brimob Presisi di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (dok. Puspen TNI)
(aud/hri)