Tak Bisa Hadiri Pembukaan Peparnas XVI, Jokowi Minta Maaf ke Warga Papua

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 19:50 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube Peparnas XVI Papua 2021)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa hadir pada pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI yang berlangsung di Papua. Oleh sebab itu, Jokowi meminta maaf kepada warga Papua.

"Tadinya saya akan ke Papua untuk membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI bertemu dengan atlet-atlet yang luar biasa, dan tentunya Pace, Mace, kakak-kakak, saudara semuanya. Namun mohon maaf, mohon maaf, saya tidak dapat hadir karena saya harus menjalani karantina setelah kembali dari luar negeri," kata Jokowi dalam tayangan video saat pembukaan Peparnas XVI yang disiarkan YouTube Peparnas XVI Papua 2021, Jumat (5/11/2021).

Jokowi mengatakan baru saja kembali dari kunjungan luar negeri tadi pagi. Jokowi mengatakan dia akan menutup Peparnas ke-XVI nanti.

"Sebenarnya tanggal 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di Tanah Air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta, tapi saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura karena Papua selalu ada di hati saya," kata dia.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin karena telah membuka Peparnas ke-XVI Papua. Jokowi berharap Peparnas berlangsung sukses.

"Terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden yang telah hadir untuk membuka Peparnas ke-XVI, saya yakin Peparnas di Papua akan sukses penuh dengan prestasi dan meriah. Torang bisa!" tutur Jokowi.

(lir/mae)