Ma'ruf Amin Akan Buka Peparnas XVI Papua, 1.400 Personel TNI-Polri Siaga

Antara - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 12:47 WIB
Wapres Maruf Amin bertolak ke Papua untuk membuka Peparnas XVI. Maruf bersama rombongan terbang dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta (dok Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Papua untuk membuka Peparnas XVI. Ma'ruf bersama rombongan terbang dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dijadwalkan membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua. Dia telah bertolak menuju Papua.

Ma'ruf didampingi istri, Wury Estu Handayani, beserta rombongan terbatas terbang menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/11/2021) pukul 06.00 WIB.

Dia diperkirakan tiba di Bandara Sentani Kabupaten Jayapura pada pukul 14.40 WIT.

Ma'ruf dijadwalkan meresmikan pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala pukul 19.00 WIT.

1.400 Personel TNI-Polri Amankan Pembukaan

Sebanyak 1.400 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan pembukaan Peparnas XVI Papua. Apel kesiapan pasukan keamanan dilaksanakan di lapangan apel Yonif RK 751/VJS di Sentani, Kabupaten Jayapura, dipimpin Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan.

Brigjen Izak dalam pengarahannya mengatakan apel gelar pasukan bertujuan mengecek dan melihat langsung kesiapan TNI-Polri dalam menjaga keamanan mulai pembukaan sampai penutupan Peparnas XVI Papua.

Diharapkan kesuksesan PON XX yang berjalan dengan aman, lancar, sukses ,dan nyaman dapat diteruskan pada penyelenggaraan Peparnas. Menurutnya, keberhasilan dan kesuksesan akan didapatkan apabila semua pihak bekerja sama, berkomunikasi, bersinergi, dan berkoordinasi dengan baik.

Apel gelar pasukan pembukaan Peparnas XVI Papua yang akan dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Jumat (5/11/2021) di Jayapura. (ANTARA/HO/Korem 172 PWY)Apel gelar pasukan pembukaan Peparnas XVI Papua yang akan dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Jumat (5/11/2021) di Jayapura. (ANTARA/HO/Korem 172 PWY)

Dia mengatakan kelancaran Peparnas XVI Papua juga harus memberikan ruang partisipasi masyarakat untuk mengambil bagian dalam pengamanan selama Peparnas berlangsung. Dia juga mengingatkan untuk mewaspadai penularan COVID-19.

"Penerapan protokol kesehatan COVID-19, tetap harus diterapkan dan semua pihak waspada, serius dan disiplin untuk menghindari penularan COVID-19 dalam setiap kegiatan serta mengimbau masyarakat selalu menerapkan proses," ucap Brigjen Izak seperti dilansir Antara.

Peparnas XVI Papua akan berlangsung hingga Sabtu (13/11) berlangsung di dua wilayah, yakni Kabupaten dan Kota Jayapura, dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 638 nomor.

Atlet yang mengikuti Peparnas XVI Papua sebanyak 1.985 atlet, dengan 740 ofisial.

Lihat juga video 'Bantahan Polisi soal Kantor Airnav di Intan Jaya Dibakar KKB':

[Gambas:Video 20detik]



Pembukaan Peparnas disebut akan berbeda dengan pembukaan PON. Simak bocoran hal menarik soal pembukaan di halaman selanjutnya.