Janjian Tawuran Tewaskan Pemuda di Depok, 4 Pelaku Ditangkap

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 15:59 WIB
Ilustrasi tawuran
Ilustrasi Tawuran (Edi Wahyono/detikcom)
Depok -

Polisi menangkap 4 pelaku tawuran yang menewaskan seorang pemuda berusia 19 tahun di Pasar Agung, Depok. Tawuran terjadi setelah dua kelompok janjian di media sosial.

Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar menjelaskan, kronologi peristiwa itu bermula dari para pelaku lewat Instagramnya menyepakati akan melakukan perkelahian di depan Pasar Agung, Depok, pada Selasa (2/11/2021) dini hari.

"Jadi mereka janjian lewat Instagram akan melakukan perkelahian di depan Pasar Agung. Setelah ketemu, mereka langsung melakukan perkelahian saling bacok," kata Imran, Jumat (5/11).

Setelah bertemu, 2 kelompok saling serang hingga mengakibatkan korban tewas akibat luka bacok. Pelaku pembacokan melarikan diri setelahnya.

"Kemudian pelaku melarikan diri tertangkap didaerah Jakarta Barat, alhamdulillah tidak sampai 1 x 24 jam pelaku bersembunyi di rumah orang tuanya," sambungnya.

Imran mengatakan motif tawuran ini memang janjian melalui media sosial Instagram. Polisi menetapkan tersangka kepada empat pelaku, yang salah satunya berinisial RN (21).

"Jadi motifnya hanya janjian lewat di medsos IG. Seolah-olah kelompok saya lebih hebat, kelompok itu lebih hebat," jelas Imran.

"Tersangka ada empat orang. RN (21) yang bacok. Tiga itu teman-temannya," tambahnya.

Polisi menyita barang bukti, di antaranya, celurit yang digunakan saat pelaku melakukan aksinya. Imran juga menjelaskan

"Barbuk yang diamankan seperti sajam celurit, ada yang seperti sajam tapi pelat,"

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang Pengeroyokan dan/atau Pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan dengan ancaman hukuman pidana di atas 5 tahun penjara.

(mea/mea)