Laporan dari Dubai

Jokowi Pamerkan Wisata RI di Indonesia National Day World Expo Dubai

Idham Khalid - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 10:00 WIB
Presiden Jokowi menghadiri malam Indonesia National Day bersama Putra Mahkota Pangeran UEA, Mohammed bin Zayed (MBZ) di World Expo 2020 Dubai, UEA. Jokowi memaparkan berbagai keindahan dan potensi Indonesia. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi memaparkan berbagai keindahan dan potensi wisata Indonesia di malam Indonesia National Day dalam acara World Expo 2020 Dubai, UEA. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Dubai -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri malam Indonesia National Day bersama Putra Mahkota Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed (MBZ) di World Expo 2020 Dubai, UEA. Jokowi memaparkan berbagai keindahan dan potensi wisata di Indonesia.

"Indonesia dianugerahi kekayaan alam. Indonesia bukan hanya memiliki pesona dan keindahan Bali. Melainkan juga Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo, Candi Borobudur, Likupang, hingga berbagai destinasi wisata lainnya yang terus kami kembangkan untuk mengukuhkan Indonesia sebagai destinasi wisata," ujar Jokowi dalam sambutannya melalui video yang ditayangkan di Al Wasl Plaza Dubai, Kamis (4/11/2021) malam waktu setempat.

Jokowi menegaskan Indonesia juga punya kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Jokowi memastikan pemanfaatan potensi tersebut dilakukan secara terukur, terkendali, dan terjamin keberlanjutannya untuk kebaikan semua dan generasi selanjutnya.

"Perubahan zaman yang begitu cepat adanya disrupsi teknologi dan terjadinya pandemi memaksa kita beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Tantangan ini harus kita jawab guna meningkatkan kreativitas dan produktivitas di berbagai bidang," ujarnya.

Presiden Jokowi memaparkan berbagai keindahan dan potensi wisata Indonesia di malam Indonesia National Day dalam acara World Expo 2020 Dubai, UEA. (Idham Khalid/detikcom)Presiden Jokowi memaparkan berbagai keindahan dan potensi wisata Indonesia di malam Indonesia National Day dalam acara World Expo 2020 Dubai, UEA. (Idham Khalid/detikcom)

Jokowi mengatakan Indonesia menyadari bahwa arus kemajuan teknologi harus disertai dengan kepedulian lingkungan, penciptaan energi baru terbarukan, energi ramah lingkungan, pengurangan emisi karbon terus dilakukan. Cara itu sebagai upaya Indonesia menghadapi tantangan perubahan iklim dunia demi keberlanjutan peradaban.

"Kami siap menjawab tantangan besar itu dengan memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas hidup umat manusia yang diimbangi dengan menjaga kelestarian alam. Kami terus bertransformasi dan berinovasi karena kami sangat percaya bahwa masa depan dimulai dari hari ini," tuturnya.

Jokowi menuturkan saat memasuki era tanpa batas dan era tanpa sekat, Indonesia berkomitmen membuka semakin banyak peluang untuk bekerja sama dan berkontribusi nyata bagi kemajuan dunia. Jokowi mengajak untuk terus berakselerasi memperkuat kerja sama, solidaritas, dan persahabatan untuk kehidupan yang lebih baik bagi seluruh bangsa.

"Indonesia the land of majesty, tanah yang akan kaya dengan alam dan budaya. Indonesia the land of opportunity akan terus membuka peluang dan kesempatan-kesempatan baru dan terus berinovasi untuk generasi yang akan datang. Inilah kami Indonesia the land of diversity," ujarnya.

(idh/jbr)