Laporan dari Dubai

Bareng MBZ, Jokowi Tonton Seni Budaya Indonesia National Day World Expo Dubai

Idham Khalid - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 23:51 WIB
Pagelaran seni dan budaya Indonesia di acara World Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab.
Pagelaran seni dan budaya Indonesia di acara World Expo 2020 Dubai, UEA (Foto: Idham/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri event Indonesia National Day dalam rangkaian World Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Jokowi menyaksikan pagelaran seni dan budaya Indonesia bersama Putra Mahkota Pangeran UEA, Mohammed bin Zayed (MBZ).

Pantauan detikcom, Jokowi dan MBZ tiba di Wasl Plaza, World Expo 2020 Dubai pada Kamis (4/11/2021) pukul 19.30 waktu setempat. Dia mengenakan kemeja batik.

Jokowi tampak melambaikan tangan ke para pengunjung. Kehadiran Jokowi disambut riuh dan tepuk tangan para pengunjung.

Jokowi dan MBZ lalu duduk di kursi VVIP dan menyaksikan penampilan seni budaya Indonesia.

Sebelum menghadiri pagelaran seni dan budaya Indonesia di Indonesia National Day, Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan pemerintah Uni Emirat Arab di Leadership Paviliun World Expo 2020 Dubai. Jokowi didampingi sejumlah menteri kabinetnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi sebelumnya mengatakan lewat pagelaran seni dan budaya, National Day Indonesia akan memikat lebih banyak pengunjung untuk mengenal lebih dekat keunggulan yang ditawarkan Indonesia kepada dunia.

"Kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kepada dunia," ujar Lutfi dalam keterangannya di Dubai, Rabu (3/11/2021).

Lutfi mengatakan acara National Day merupakan bagian rangkaian kegiatan Expo yang diberikan bagi 192 negara peserta untuk memamerkan budaya khasnya masing-masing. Indonesia National Day akan mengangkat tema "Land of Diversity". Ini untuk menunjukkan Indonesia sebagai bangsa yang beragam.

Lutfi melanjutkan, keragaman tersebut dapat dilihat dari segi warisan leluhur yang terdiri dari suku, budaya, dan bahasa yang ditunjukkan melalui pertunjukan yang memadukan tarian tradisional dan modern, serta pertunjukan grafis. Keberagaman itu juga dituangkan dalam berbagai potensi yang dimiliki Indonesia di berbagai sektor, seperti perdagangan, investasi, dan pariwisata.

(idh/fas)