ADVERTISEMENT

Round-Up

Tantangan Menanti Andika Perkasa saat Uji Kelayakan di Senayan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 07:19 WIB
Biografi Andika Perkasa, Jenderal Pilihan Jokowi untuk Posisi Panglima TNI
Jenderal Andika Perkasa (Foto: Dok.KSAD)
Jakarta -

Tantangan sudah menanti Jenderal TNI Andika Perkasa. Uji kelayakan sebagai calon panglima TNI harus dilakoni sang Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di gedung DPR RI.

Andika Perkasa adalah calon panglima TNI tunggal pilihan Presisen Joko Widodo (Jokowi). Nama Andika Perkasa resmi diserahkan Istana lewat sepucuk Surat Presiden kepada anggota Dewan di Senayan.

"Presiden mengusulkan satu nama calon Panglima TNI," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

"Atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," imbuh Puan.

Ucapan selamat untuk sang jenderal mengalir deras, mulai dari politisi hingga mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang bakal segera digantikan Andika--jika lulus uji kepatutan dan kelayakan--menyatakan dirinya tegak lurus terhadap keputusan Presiden Jokowi.

"Surpres merupakan hak prerogatif Presiden menurut undang-undang. Selain itu, sebagai prajurit TNI, saya akan selalu tegak lurus dan loyal terhadap pimpinan tertinggi, yang dalam hal ini dipegang oleh Presiden," kata Hadi kepada detikcom.

Jadwal uji kepatutan dan kelayakan Andika sudah keluar. Andika bakal dites hari Sabtu depan. Meski demikian, rangkaian tes tersebut sudah dimulai Kamis (4/11) kemarin, diawali rapat internal Komisi I DPR.

Rapat internal Komisi I DPR kemudian memutuskan uji calon panglima TNI atas nama Andika Perkasa digelar Sabtu besok. Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi menjelaskan alasannya.

"Jadi kita akan mengadakan fit and proper test itu hari Sabtu (6/11), dan besok itu sudah dimulai tahapannya. Verifikasi administrasi seperti laporan pajak, LHKPN, dan kelengkapan lainnya," kata Bobby.

Legislator dari Fraksi Golkar itu menyebut selanjutnya rapat paripurna bakal dilaksanakan pada Senin, 8 November. Menurutnya, kemungkinan Jenderal Andika bakal dilantik pada Senin sore.

"Semuanya akan dijadwalkan untuk paripurna pada Senin. Jadi kalau misal diparipurnakan siang, mungkin bisa dari pemerintah ada pelantikannya di hari yang sama," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT