ADVERTISEMENT

Komisi I DPR Gelar Fit and Proper Test Jenderal Andika Perkasa Sabtu

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 16:48 WIB
Jakarta -

Komisi I DPR telah selesai melakukan rapat internal terkait rencana fit and proper test calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Rencananya, fit and proper test bakal dilakukan pada Sabtu besok.

"Jadi kita akan mengadakan fit and proper test itu hari Sabtu (6/11), dan besok itu sudah dimulai tahapannya. Verifikasi administrasi seperti laporan pajak, LHKPN, dan kelengkapan lainnya," kata anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Bobby menyebut selanjutnya rapat paripurna bakal dilaksanakan pada Senin, 8 November. Menurutnya, kemungkinan Jenderal Andika bakal dilantik pada Senin sore.

"Semuanya akan dijadwalkan untuk paripurna pada Senin. Jadi kalau misal diparipurnakan siang, mungkin bisa dari pemerintah ada pelantikannya di hari yang sama," ucapnya.

Bobby mengatakan fit and proper test dilakukan lebih cepat, meski Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun secara administrasi pada 31 November 2021. Alasannya, sambung Bobby, agar tidak terjadi jabatan kosong.

"Karena di hari itu walaupun secara administratif Bapak Panglima Hadi itu pensiun pada 31 November, tapi secara UU pada hari itu beliau sudah berumur 58 tahun. Dengan penjadwalan tadi diharapkan tidak ada transisi yang ada jabatan kosong," ujarnya.

"Kalau Hari Sabtu bisa dipastikan proses pertama penugasan dari Bamus sudah kita terima dan proses verifikasi sudah kita lakukan," lanjutnya.

(maa/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT