Harta Andika Perkasa Rp 179 M, PPP: Bagus, Tak Pikir Otak-atik Alutsista

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 15:38 WIB
Jakarta -

Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memiliki harta kekayaan hingga ratusan miliar rupiah. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha menilai bagus sehingga Andika tak terpikir macam-macam.

"Bagus lah Panglima TNI orang kaya, nggak mikir-mikir otak-atik pengadaan alutsista itu," kata Tamliha kepada wartawan di gedung DPR, Kamis (4/11/2021).

Bahkan Tamliha menilai wajar. Sebab, Andika merupakan menantu orang kaya.

"Wajar aja, dia kan menantunya orang kaya. Ya namanya juga orang kaya kan," sebut Tamliha.

Selain itu, Tamliha meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengecek asal-usul harta kekayaan Andika. Presiden Jokowi diyakini sudah mendapatkan data lembaga terkait.

"Kalau soal harta kekayaan, kan itu urusan Presiden. Tentu Presiden sudah tahu, baik dari KPK maupun PPATK," sebut Tamliha.

Terpisah, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Dave Laksono, juga tidak mempersoalkan harta kekayaan Andika. Dave meyakini tidak akan menjadi kendala.

"Saya rasa itu tidak menjadi hal permasalahan. Kenapa? Kan beliau sudah laporkan ke KPK. Saya tidak melihat itu kendala. Saya ingin fokus kepada beliau itu jalankan tugasnya nanti sebagai Panglima TNI untuk sejahterakan prajurit, meningkatkan kualitas sumber daya prajurit, memodernisasi alutsista, dan melakukan mitigasi penanganan terhadap potensi konflik ada di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan LHKPN KPK yang dilihat Rabu (3/11/2021), Andika memiliki total harta kekayaan Rp 179.996.172.019 (Rp 179 miliar). Laporan harta ini diserahkan Andika pada 20 Juni 2021.

Andika memiliki tanah dan bangunan di wilayah Jakarta, Cianjur, Sleman, Surabaya, Bogor, Tabanan, Bandar Lampung, Bantul, dan tanah beserta bangunan hibah di Australia dan Amerika Serikat. Jika dirupiahkan, seluruh tanah dan bangunan milik Andika Perkasa bernilai Rp 38.164.250.000.

Rincian harta kekayaan Andika ada di halaman berikutnya.