Sinergi Antardaerah Diharapkan untuk Bangkitkan Kejayaan Rempah

ADVERTISEMENT

Sinergi Antardaerah Diharapkan untuk Bangkitkan Kejayaan Rempah

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 23:11 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Pelaksanaan Festival Jalur Rempah Titik Simpul Jawa Timur di Kota Mojokerto dimaksudkan sebagai langkah awal dalam membangkitkan kejayaan rempah. Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menyebutkan, sebagai upaya lebih lanjut, ia menghendaki langkah lebih konkret yang melibatkan sinergi antardaerah.

"Tentu hal yang bisa dilakukan tidak sekadar menggelar diskusi atau workshop. Tapi ke depannya diharapkan ada upaya yang lebih konkret, lebih luas, dan bersinergi antar daerah, khususnya lingkup regional Jawa Timur," ujar Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita, Rabu (3/11/2021).

Dalam acara Sarasehan Jalur Rempah Lingkup Jawa Timur yang digelar hari ini, Ning Ita menjelaskan puncak dari kebangkitan kejayaan rempah ini adalah pertumbuhan ekonomi. Sehingga, harapannya langkah ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Senada dengan Ning Ita, Dirjen Kemendikbudristek, Hilman Farid yang hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa rempah sebagai bagian dari keanekaragaman hayati Indonesia bukan sekadar potensi masa lalu, melainkan juga potensi untuk masa kini dan yang akan datang.

"Indonesia keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Keanekaragaman budayanya juga tergolong tinggi. Jika keduanya dipadukan, tidak ada alasan bagi orang Indonesia untuk miskin, kelaparan," kata Hilman.

Lebih lanjut, pihaknya juga menekankan program ini tidak akan luput dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang nasional (RPJPN) untuk 2025-2045 yang akan dirumuskan pada tahun 2024. Untuk itu, ia mengharapkan komitmen bersama, utamanya dari kepala daerah untuk turut menjadikan keanekaragaman hayati dan budaya sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan daerah.

Ia mengatakan, dalam forum yang diselenggarakan di Hotel Ayola tersebut, seluruh pihak yang hadir turut menyepakati perihal pentingnya membangkitkan kejayaan rempah di Tanah Air.

Sebagai informasi, turut hadir sejumlah undangan lain, antara lain Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Kurator Jalur Rempah, Bupati Mojokerto, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Wakil Bupati Malang, Wakil Bupati Jombang, Wakil Bupati Situbondo, serta Bupati Lamongan.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT