Festival Jalur Rempah Titik Simpul Jatim Resmi Dimulai, Ini Agendanya

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 22:40 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Festival Jalur Rempah Titik Simpul Jawa Timur resmi dimulai. Hal tersebut ditandai dengan berlangsungnya workshop 'Rempah Masa Depan Kita' sebagai kegiatan pembuka dari serangkaian acara tersebut.

Agenda tersebut akan berlangsung dari tanggal 1-3 November 2021 di Hotel Ayola, Kota Mojekerto. Selain workshop, agenda kegiatan dalam rangkaian festival tersebut yaitu pameran komoditi rempah, diskusi praktisi rempah, dan festival perahu naga 'Susur Sungai Berantas' sebagai penutup.

Tidak hanya Kota Mojokerto, tahun ini terdapat tiga titik pelaksanaan festival jalur rempah titik simpul Jawa Timur, yaitu Surabaya dan Kediri. Ketiga lokasi tersebut dipilih karena wilayahnya dilintasi sungai Brantas. Menurut sejarah, sungai ini tercatat sebagai sungai yang memiliki peran cukup besar dalam transportasi perdagangan rempah.

Adapun festival ini digelar untuk kembali mengenalkan kepada masyarakat, terutama generasi muda akan kekayaan rempah di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa di masa kerajaan, kekayaan rempah menjadi sebuah daya tarik saat itu. Nusantara tumbuh sebagai wilayah yang memiliki peran signifikan dalam perdagangan rempah dunia.

Bahkan kedatangan Belanda juga disebut bermula dari ketertarikan terhadap rempah di Tanah Air. Rempah bagaikan 'emas hijau' yang begitu berharga, karena memang fungsi dan kegunaannya yang beragam dan esensial, baik dalam makanan ataupun obat-obatan.

"Kekayaan rempah di Tanah Air ini sebagai salah satu warisan nenek moyang, yang seharusnya dapat dilestarikan dan dikembalikan kejayaannya", ujar Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim), Zakaria Kasimin dalam keterangan tertulis, Senin (1/11/2021).

Saat membuka hari pertama workshop, Zakaria berharap generasi muda dapat berperan untuk menggali lebih dalam potensi dari rempah. Salah satunya dimaksudkan sebagai upaya pengembangan UMKM, yang merupakan bagian dari program pemerintah pusat.

Sebagai informasi, pada kegiatan workshop hari pertama tersebut juga dihadiri oleh Direktur Kreatif/Kurator Festival Jalur Rempah 2021 Suwastomo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Amin Wachid, serta Budayawan dan Filolog asal Bali Sugi Lanus.

(akn/ega)