Wamen ATR/BPN Ungkap Polusi Depok Tertinggi Se-RI, Wawalkot: Buktinya Apa?

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 12:08 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono heran wilayahnya disebut memiliki tingkat polusi tertinggi di Indonesia. Imam pun mempertanyakan soal bukti.

"Tanyakan pada yang bersangkutan, parameternya apa, kita tidak tahu parameternya apa," kata Imam kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

"Belum ada diskusi sama sekali, sehingga tiba-tiba seperti ada hujan di siang bolong, standarnya apa?" sambungnya.

Menurut Imam, Depok tidak mempunyai daerah industri. Berbeda dengan Tangerang dan Bekasi, yang mempunyai wilayah industri. Dari sisi sungai, Imam juga mengatakan pihaknya sedang mencoba untuk mendorong agar sungai di Depok terpelihara dengan baik.

Imam mengatakan Depok mempunyai taman-taman di setiap kelurahan. Dari segi kepadatan lalu lintas, Imam juga menyebut lebih tinggi DKI Jakarta dibandingkan dengan Depok.

"Sudah banyak yang kita lakukan, sudah banyak progres, tiba-tiba ada pernyataan itu kita minta parameternya apa, buktinya apa. Jika melihat dari segi kepadatan lalu lintas lebih tinggi daerah DKI Jakarta dibandingkan Depok, lebih padat Kota Tanggerang dan Bekasi, jadi lebih padat mereka," tambahnya.

Imam mengatakan pernyataan Wamen ATR/BPN soal tingkat polusi Kota Depok tertinggi di Indonesia tidak berdasar. Namun pihaknya terus berkoordinasi dalam mengatasi mutu udara di Kota Depok.

"Jadi standarnya tidak jelas apa, kita akan berkoordinasi, dan hal ini bagi kita sebagai pernyataan tersebut memang tidak berlandaskan, karena tidak jelas. Kedua adalah nggak apa-apa, kita akan benahi terus dalam baku mutu udara di Kota Depok," sambungnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan Kota Depok mempunyai masalah polusi tertinggi di Indonesia. Bahkan masalah polusi di Kota Depok ini mengalahkan Kota DKI Jakarta.

"Kota Depok memiliki masalah polusi tertinggi di Indonesia, bahkan mengalahkan Kota DKI Jakarta," kata Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra di kantor BPN Kota Depok, Senin, (1/11).

Terkait hal ini Surya menuturkan akan berdiskusi dengan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Menurut Surya, perlu adanya pendekatan tata ruang yang lebih rapi.

"Di mana penjelasannya, kita akan diskusi dengan Pak Wali Kota Depok, barangkali perlu pendekatan tata ruang yang lebih rapi," sambungnya.

Terkait permasalahan polusi, Surya belum menjelaskan indikator polusi di Kota Depok lebih lanjut. Namun Surya mengatakan pihaknya akan mencari tahu terkait masalah polusi di Kota Depok.

"Tidak tahu, masih belum jelas, kita masih cari tahu apa penjelasannya, nanti solusinya jadi ketahuan, masalahnya di mana," jelas Surya.

(idn/idn)