3.000 Orang Konvoi HUT Ke-106 PSM Makassar, Minta Pemerintah Bangun Stadion

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 08:41 WIB
Konvoi 3.000 suporter rayakan HUT ke-106 PSM Makassar. (Hermawan/detikcom)
Konvoi 3.000 suporter merayakan HUT ke-106 PSM Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Sekitar 3.000 suporter melakukan konvoi di jalanan merayakan hari ulang tahun ke-106 PSM Makassar. Mereka meminta pemerintah daerah untuk membangun stadion untuk tim Juku Eja, setelah Stadion Mattoanging diruntuhkan dan pembangunannya belum berlanjut.

Di momentum HUT tersebut, pada Selasa (2/11/2021) malam, para suporter tersebut melakukan konvoi dari markas utama salah satu kelompok suporter, The Maczman, di Jalan Tinumbu, Makassar. Mereka kemudian melewati sejumlah rute jalan protokol, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan AP Pettarani Makassar, Jalan Sultan Alauddin.

Konvoi 3.000 suporter rayakan HUT ke-106 PSM Makassar. (Hermawan/detikcom)Konvoi 3.000 suporter merayakan HUT ke-106 PSM Makassar. (Hermawan/detikcom)

Rute yang dilalui berlanjut ke Jalan Sama Ratulangi, Jalan H Bau, hingga ke kawasan Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Makassar.

"Ini kita lihat tadi macetnya bukan main, sudah ada di ujung Alauddin, ekornya masih ada di Flyover," ujar Presiden The Maczman Ocha Alim kepada wartawan seusai konvoi.

Dia mengatakan, konvoi rencananya hanya akan diikuti oleh ratusan pengurus suporter. Namun belakangan jumlah suporter yang ikut membludak.

"Teman-teman ini yang tadi kita cuma 100 orang untuk pengurus yang kita pawai ternyata di luar dugaan sampai 3.000 karena ada dari Jeneponto, Palopo, dari Pare dari Pinrang masuk semua ke Makassar," ungkap Ocha.

Konvoi 3.000 suporter rayakan HUT ke-106 PSM Makassar. (Hermawan/detikcom)Konvoi 3.000 suporter merayakan HUT ke-106 PSM Makassar. (Hermawan/detikcom)

Membeludaknya suporter diamini Ocha. Dia mengungkap hal tersebut cukup sulit untuk dibendung.

"Ini susah sekali kita bendung jadi kita cuma bilang sama polisi seratusan orang ternyata ekspektasinya luar biasa kenapa karena kerinduan kita selama dua tahun ini tidak kumpul-kumpul, akhirnya setelah pandemi bisa longgar sedikit kita lakukan ini," kata dia.

Suporter PSM Makassar Minta Stadion

Ocha mengatakan para suporter sangat bersyukur karena kemenangan tiga gol tanpa balas terhadap Persita Tangerang dalam lanjutan BRI Liga 1. Kemenangan tersebut semakin bermakna karena bertepatan dengan HUT ke-106 PSM Makassar.

"Kemarin kita menang 3-0 lawan Persita Tangerang ini memori yang sangat luar biasa kenapa karena pas di usia 106 tahun PSM memberikan 3 poin buat masyarakat Sulawesi Selatan," katanya.

Kebahagiaan semakin lengkap, lanjut Ocha, sebab malam ini mereka juga meresmikan sekretariat suporter yang baru.

"The Maczman kebetulan masuk sekretariat baru kita di Jalan Pongtiku dan pas kita bertepatan dengan hari ulang tahun PSM Makassar yang 106 sebagai klub tertua," kata dia.

Hanya, kata Ocha, suporter sampai kini masih mempertanyakan komitmen untuk pembangunan stadion. Dia mengatakan stadion sangat diperlukan mengingat Stadion Andi Mattalatta hingga kini belum kembali setelah dibongkar.

"Kita tidak memiliki stadion, sementara ada satu daerah satu kota memiliki 3-4 stadion," kata Ocha.

"Mudah-mudahan apa harapan kita harapan the Maczman harapan semua bisa didengar Pemerintah Kota Makassar. Karena kebanggaan kita adalah PSM Makassar sebagai klub tertua masa tidak ada stadionnya," katanya lagi.

Selebihnya, Ocha meminta maaf kepada pengguna jalan akibat kemacetan yang ditimbulkan. Namun kerinduan dan euforia membuat masyarakat cukup menikmati konvoi suporter.

"Jadi saya juga minta maaf kepada masyarakat yang tadi ikut macet. Tapi tadi saya melihat walaupun macet masyarakat juga menikmati ikut euforia juga karena kita tahu bersama mereka juga sangat rindu," katanya.

(hmw/nvl)