Dispora Sulsel Lengkapi Dokumen Penting untuk Renovasi Mattoanging

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 12:57 WIB
Desain Baru Stadion Mattoanging
Desain baru Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan segera memulai proyek renovasi Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging, Makassar. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kini tengah menyiapkan berbagai dokumen untuk memulai proyek.

Dokumen yang tengah disiapkan adalah dokumen evaluasi lingkungan hidup (DELH), analisis dampak lingkungan (amdal), hingga analisis dampak lalu lintas (amdalalin).

"Dokumen penting yang harus kami lengkapi terlebih dahulu sebelum proyek dimulai seperti DELH, amdal, amdalalin, dan MK," ujar Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis di Makassar, Jumat (7/2/2020).

Renovasi Mattoanging baru akan bisa dimulai setelah seluruh dokumen tersebut selesai. Pemprov Sulsel menyiapkan dana Rp 200 miliar dari APBD 2020 untuk memulai renovasi.

"Anggaran awal yang dipersiapkan Pemprov untuk renovasi Stadion Mattoanging ini sebesar Rp 200 miliar," kata Arwin.

Selain itu, Arwin telah memasukkan proposal bantuan dana dari pemerintah pusat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dana bantuan yang diajukan ke pemerintah pusat untuk renovasi Mattoanging sebesar Rp 700 miliar.

"Menpora merespons positif. Insyaallah Menpora akan memasukkan dalam prioritas penganggaran tahun 2021. Semoga ada dukungan dari anggota DPR RI," kata Arwin.

Proposal bantuan Rp 700 M yang diajukan Pemprov Sulsel ke pemerintah pusat tersebut juga untuk pembangunan kawasan olahraga (KOR) Mattoanging.

"Jadi kami (Dispora) mempersiapkan Mattoanging tidak hanya stadionnya yang akan dibenahi, tetapi juga kawasan di daerah itu juga," tuturnya.

(nvl/fdn)