Tidak Bisa Download Sertifikat Vaksin? Ikuti Langkah Berikut Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 19:29 WIB
Tidak Bisa Download Sertifikat Vaksin? Ikuti Langkah Berikut Ini
Tidak Bisa Download Sertifikat Vaksin? Ikuti Langkah Berikut Ini -- ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Tidak bisa download sertifikat vaksin menyebabkan kendala dalam beraktivitas. Hal ini karena di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM, sertifikat vaksin menjadi syarat penting dalam beraktivitas di luar rumah.

Untuk mengatasi masalah tidak bisa download sertifikat vaksin, detikcom sudah merangkumnya. Mari simak langkah-langkah di bawah ini:

Kenali Penyebab Tidak Bisa Download Sertifikat Vaksin

Ada banyak hal yang menyebabkan sertifikat vaksin tidak bisa diunduh. Karena itu, mari kenali penyebabnya terlebih dahulu.

Tidak bisa download sertifikat vaksin dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yakni salah memasukkan identitas seperti nama lengkap, alamat, ataupun nomor HP.

Umumnya, sertifikat vaksin diberikan 7-10 hari setelah mendapat dosis vaksin pertama COVID-19. dr Siti Nadia Tarmizi pernah menyinggung, kalau dalam tenggat waktu tersebut masyarakat belum menerima sertifikat vaksin, ada kemungkinan salah dalam memasukkan data. Karena itu, data tersebut perlu diperbaiki agar sertifikat vaksin bisa diunduh.

Solusi Tidak Bisa Download Sertifikat Vaksin: Call Center PeduliLindungi

Melansir situs yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yakni Indonesiabaik, tidak bisa download sertifikat vaksin dapat diatasi melalui Call Center PeduliLindungi. Terkait tata caranya, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masukkan nomor Call Center PeduliLindungi, yakni 119
  2. Sampaikan kendala atau keluhanmu
  3. Nantinya, Call Center PeduliLindungi bakal membantu sekaligus mengarahkanmu. Dengan demikian, masalah tidak bisa download sertifikat vaksin dapat diatasi

Tidak Bisa Download Sertifikat Vaksin: Hubungi Email PeduliLindungi

Ada cara lain untuk memecahkan masalah tidak bisa download sertifikat vaksin. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan drg. Widyawati, MKM menyatakan, masyarakat bisa menyampaikan kendala melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

"Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email sertifikat@pedulilindungi.id," tutur Widyawati.

Berikut ini format pengiriman email ke PedulilIndungi:

  1. Cantumkan nama lengkap
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Masukkan Tempat Tanggal Lahir
  4. Masukkan nomor HP yang aktif saat mendaftar vaksinasi
  5. Lampirkan swa foto diri sendiri, swa foto dengan KTP dan kartu vaksin COVID-19

Jika email sudah terkirim, tunggu beberapa hari agar PeduliLindungi memproses laporanmu. Dengan demikian, sertifikat vaksin bisa didapatkan. Tidak bisa download sertifikat vaksin dapat diatasi.