Sertifikat Vaksin Ke-2 Tidak Muncul di Pedulilindungi, Lapor ke Mana?

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 17:55 WIB
Sertifikat Vaksin ke 2 Tidak Muncul di Pedulilindungi, Lapor ke Mana?
Sertifikat Vaksin Ke-2 Tidak Muncul di Pedulilindungi, Lapor ke Mana? Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi dialami oleh sejumlah warga. Hal ini bisa jadi kendala karena banyak kegiatan yang mewajibkan vaksin dosis lengkap sebagai syaratnya.

Seperti diketahui, warga akan mendapatkan sertifikat vaksin usai disuntik sebagai bukti. Kini, sertifikat vaksin bisa dilihat di aplikasi PeduliLindungi.

Umumnya, sertifikat vaksin muncul 7-10 hari setelah masyarakat mendapatkan dosis vaksin COVID-19. Lantas, bagaimana cara mengatasi sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi?

Untuk membahasnya, mari simak uraian berikut ini.

Sertifikat Vaksin ke 2 Tidak Muncul di PeduliLindungi: Ketahui Dulu Penyebabnya

Sebelum membahas cara mengatasi sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi, mari ketahui dulu penyebab sertifikat vaksin tidak muncul. Merujuk situs yang dikelola Kominfo, yakni Indonesia Baik, banyak hal yang menyebabkan sertifikat vaksin tidak muncul.

Beberapa di antaranya seperti kesalahan memasukkan nama lengkap, NIK, email ataupun nomor HP. Hal inilah yang menyebabkan sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi.

Sertifikat Vaksin ke 2 Tidak Muncul di PeduliLindungi: Hubungi Call Center PeduliLindungi

Untuk mengatasi sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi, kamu harus menghubungi call center PeduliLindungi. Caranya cukup mudah, masukkan nomor 119 dan sampaikan kendala yang kamu hadapi.

Saat menghubungi Call Center PeduliLindungi, petugas bakal membantu menyelesaikan masalahmu. Oleh karenanya, sampaikanlah kendala secara detail agar sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi bisa diatasi.

Satu hal yang menjadi catatan penting. Saat menghubungi Call Center PeduliLindungi, pastikan nomor yang kamu masukkan benar. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan yang mentgatasnamakan PeduliLindungi.

Sertifikat Vaksin ke 2 Tidak Muncul di PeduliLindungi: Lapor Melalui Email

Masalah sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi juga bisa diatasi melalui email. Jika dalam rentan waktu 7-10 hari sertifikat vaksin belum muncul, kamu bisa melapornya melalui sertifikat@pedulilindungi.id

Adapun format emailnya yakni:

  1. Masukkan nama lengkap
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP yang masih berlaku
  3. Masukkan tempat, tanggal lahir
  4. Masukkan nomor HP aktif yang didaftarkan saat vaksinasi COVID-19
  5. Tuliskan kendala/keluhan yang dihadapi
  6. Lampirkan foto KTP, selfie, serta foto kartu vaksinasi yang sudah diterima

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan drg. Widyawati mengatakan, sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi bisa diatasi melalui email. Agar prosesnya cepat, masyarakat diminta mengikuti susunan format email.

Supaya langsung diproses, masyarakat harus mengisi biodata lengkap, melakukan swa foto dengan memegang KTP, serta menyampaikan keluhan secara detail. Dengan demikian, sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi bisa diatasi.

"Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email sertifikat@pedulilindungi.id," ungkap Widyawati.

Selain informasi soal sertifikat vaksin ke 2 tidak muncul di PeduliLindungi, ada informasi tentang kegunaan sertifikat vaksin. Simak di halaman selanjutnya.