Ganti Identitas Pemalsu PCR di Bali: Ngaku Transgender, Awalnya Bernama Yogi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 13:43 WIB
Pelaku pemalsuan surat PCR di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali diamankan polisi. (Foto: dok. Polresta Denpasar)
Pelaku pemalsuan surat PCR di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, diamankan polisi. (Foto: dok. Polresta Denpasar)
Jakarta -

Ada tiga pelaku pemalsuan surat keterangan polymerase chain reaction (PCR) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Salah satunya perempuan wirausaha bernama Anggie Chaerunnisa Azhari (25).

Anggie ditangkap bersama Muhammad Firdaus pada Jumat (29/10). Mereka diproses Polresta Denpasar.

Belakangan terungkap, Anggie pernah mengganti identitas. Dia juga mengaku melakukan transgender.

Hal ini terungkap pada awal 2019. Saat itu Anggie, yang dikenal sebagai selebgram Reva Alexa, ditangkap atas kasus narkotika jenis sabu.

Kasus Narkoba di 2019

Selebgram Reva alias Anggie ditangkap di rumahnya di Perumahan Taman Beverly Golf, Jalan Danau Belinda No 12, Karawaci, Tangerang Kota, Rabu (6/2) sekitar pukul 02.15 WIB. Reva diamankan bersama pria bernama Iwan Kurniawan, yang disebut berprofesi sebagai fotomodel majalah.

Dari lokasi, polisi menyita barang bukti sabu 0,28 gram. Dari KTP yang disita polisi, nama selebgram yang tertera pada KTP adalah Anggie Chaerunnisa Azhari. Jenis kelaminnya adalah perempuan dengan status belum kawin.

KTP Reva AlexaKTP Reva Alexa (Foto: dok.istimewa)

Selebgram tersebut mengaku sudah mendapatkan pengesahan atas penggantian kelamin (transgender) di PN Singkawang. Pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), namanya juga bukan lagi Yogi Saputra.

Pada saat pemeriksaan awal di kantor polisi, selebgram itu mengaku bernama asli Yogi Saputra.

"Yang bersangkutan itu awalnya namanya Pak Yogi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Di KTP jenis kelamin selebgram tersebut juga ditulis perempuan.

Setelah terjerat kasus sabu, Anggie kembali tersandung kasus pemalsuan surat PCR. Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: 3 Pemalsu Surat PCR di Bandara Bali Ditangkap, Terancam Bui 12 Tahun

[Gambas:Video 20detik]