detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Makin Parah, Kini Kali Jambe Ini Total Ditutup Sampah

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 13:11 WIB
Sampah di Kali Jambe aliran belakang Rest Area M 19 Tol Jakarta-Cikampek, 1 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Sampah di Kali Jambe aliran belakang Rest Area M 19 Tol Jakarta-Cikampek, 1 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Bekasi -

Endapan tanah dan sampah di aliran Kali Jambe dekat crossing Tol Jakarta-Cikampek memang sudah dikeruk. Namun tumpukan sampah di Kali Jambe yang berada di belakang rest area Km 19 Tol Jakarta-Cikampek semakin bertambah parah.

Dua lokasi itu terpisah sekitar 500 meter bila ditarik garis lurus, namun terpisah sekitar 1 km bila perjalanan ditempuh lewat jalanan umum.

Jarak antara aliran Kali Jambe dekat crossing Tol Cikampek dengan aliran belakang Rest Area KM 19. (Google Maps)Jarak antara aliran Kali Jambe dekat crossing Tol Cikampek dengan aliran belakang rest area Km 19. (Google Maps)

Berdasarkan pantauan detikcom di Kali Jambe belakang rest area Km 19 yang berada di Jatimulya, RT 07 RW 08, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Senin (1/11/2021), tampak tumpukan sampah masih tertimbun layaknya seperti hamparan.

Sampah terdiri atas sampah rumah tangga, kayu, ranting pepohonan, dan kotoran rumah pemotongan hewan (RPH). Macam-macam limbah tersebut semakin menyumbat aliran air di Kali Jambe tersebut. Permukaan air Kali Jambe di bawah jembatan dekat saluran Kalimalang ini sudah tidak terlihat karena tertutup sampah.

Sampah di Kali Jambe aliran belakang Rest Area M 19 Tol Jakarta-Cikampek, 1 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)Sampah di Kali Jambe aliran belakang rest area Km 19 Tol Jakarta-Cikampek, 1 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Belum terlihat alat berat dan upaya pembersihan yang dilakukan oleh pihak terkait, padahal sampah tersebut sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu.

Tak hanya itu, bau busuk yang berasal dari tumpukan sampah tersebut masih terasa kuat hingga ke perumahan warga sekitar.

Sebelumnya, tumpukan sampah juga terpantau pada Jumat (22/10) lalu. Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi saat itu, tumpukan sampah tersebut menimbulkan sumbatan yang menumpuk di bawah jembatan. Bedanya dengan pantauan hari ini, permukaan air Kali Jambe di bawah jembatan pada saat itu masih terlihat sedikit. Namun hari ini, air sudah tak terlihat lagi karena tertutup sampah.

(dnu/dnu)