ADVERTISEMENT

Profil Tim Patroli yang Bakal Dilebur Kapolda Metro: Jaguar hingga Vipers

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 13:51 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat jumpa pers penangkapan terduga teroris di Jakarta dan Bekasi, Senin (29/3/2021)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berencana meleburkan tim-tim patroli malam yang ada di jajaran Polres-Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya. Fadil akan menyatukan tim-tim patroli malam ini dengan nama baru yang nantinya diharapkan menjadi tim impian atau dream team.

Hal itu diungkapkan Fadil Imran saat membuka 'Kapolda Cup 2021' di Polda Metro Jaya, pada Sabtu (30/10). Selain dileburkan, tim patroli ini akan diperkuat dan dibekali dengan pelatihan khusus dari pelbagai aspek mulai dari cara bertindak di lapangan, kemampuan menembak, hingga peningkatan wawasan agar penindakan di lapangan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan tidak melanggar HAM.

Sekadar untuk diketahui, jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya memiliki nama tersendiri tim patroli malam ini. Seperti di Polres Jakarta Timur memiliki Raimas Backbone, di Polres Jakarta Barat ada Tim Pemburu Preman, di Polresta Depok ada Tim Jaguar.

"Saya rencananya akan mengumpulkan seluruh Raimas atau patroli roda dua nanti akan saya sprint-kan, saya akan berikan pelatihan khusus, saya akan siapkan helmnya, senjatanya. Kemudian kami juga akan siapkan SOP-nya juga," kata Irjen Fadil.

"Supaya jangan ada lagi ada Jaguar, Kobra, apalagi itu tim ketupat sayur, tim lele apa itu macam-macam. Akhirnya dia tumbuh berkembang sendiri suka-sukanya dia," sambungnya.

Tim patroli ini diambil dari Satuan Sabhara di Polres-Polres dan Polda Metro Jaya. Mereka akan dilatih secara khusus untuk dipersiapkan menjadi 'kelelawar', patroli polisi di malam hari.

"Minggu depan saya mau kumpulkan tim Sabhara ini biar dia menjadi kelelawar di malam hari. Dia tugasnya hanya jam 10 malam sampai 5 subuh, muter-muter mengamankan Ibu Kota," katanya.

Terlepas dari pro kontra soal peleburan tim patroli ini, berikut dirangkum detikcom tim-tim partoli malam yang ada di Polres jajaran Polda Metro Jaya:

1. Tim Pemburu Preman

Tim Pemburu Preman (TPP) ini merupakan tim patroli Polres Metro Jakarta Barat. Tim Pemburu Preman ini pertama kali dibentuk oleh Irjen Fadil Imran saat menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat pada 2014 silam.

Pada awalnya, Tim Pemburu Preman ini diawaki oleh anggota reserse. Namun kemudian, tim penindak (strike force) ini diisi personel Sabhara yang telah dilatih kemampuannya dalam melakukan penindakan dan antisipasi kejahatan.

Sesuai dengan namanya, Tim Pemburu Preman ini tugasnya menindak premanisme dan kejahatan jalanan. Seiring perkembangan waktu, tim Pemburu Preman kemudian difokuskan untuk menjaga keamanan wilayah Jakbar khususnya di malam hari.


2. Tim Alpha Plus

Tim Alpha Plus adalah tim patroli malam yang dibentuk Polres Metro Jakarta Pusat. Tim in terbentuk sejak 2017 yang berfokus pada pencegahan street crime (kejahatan jalanan) seperti begal, copet, jambret, tawuran hingga balapan liar.

Sebagai tim strike force (unit penindakan), tim Alpha Plus ini dibekali senjata laras panjang.


Simak tim-tim lain di halaman selanjutnya.......

Saksikan juga '3 Pelaku Begal Sadis Tewaskan Pegawai Basarnas di Jakpus Diciduk, 1 Buron!':

[Gambas:Video 20detik]




3. Tim Raimas Backbone

Tim Raimas Backbone ini sempat menjadi perbincangan karena pimpinannya Aipda Ambarita dimutasi ke Humas Polda Metro Jaya. Raimas Backbone ini sendiri merupakan tim patroli malam Polres Metro Jakarta Timur.

Raimas Backbone dibentuk pada 2017. Selain Raimas Backbone, Polres Metro Jakarta Timur juga memiliki Tim Rajawali, yang fungsinya sama dengan yakni mencegah kejahatan di wilayah Jakarta Timur.

Raimas Backbone kian populer di media sosial, di mana subscriber YouTube-nya sendiri mencapai 1,3 juta lebih. Ketika berpatroli, Raimas Backbone sering kali bersentuhan langsung dengan pihak-pihak pengganggu ketertiban hingga pelaku kejahatan.

Tim Raimas Backbone ini memiliki lambang burung gagak dan tengkorak. Dalam akun Instagramnya, @raimasbackbone, mereka memiliki semboyan melindungi, mengayomi, melayani, dan agar dicintai masyarakat.

Ketika turun ke jalan untuk berpatroli, tim Raimas Backbone kerap kali mengendarai motor trail di bawah komando Aipda Ambarita. Tak sedikit para pelaku kejahatan jalanan ketika berpapasan dengan tim ini langsung lari tunggang langgang.

4. Tim Jaguar

Sama halnya dengan Polres lain, Polresta Depok juga memiliki tim patroli malam yakni Tim Jaguar. Tim Jaguar pertama kali dibentuk oleh Kapolresta Depok saat itu Kombes Dwiyono.

Tim Jaguar dipimpin oleh Iptu Winam Agus. Tim ini kerap berpatroli pada malam hari, menjaga keamanan warga Depok.

Sejumlah kejahatan berhasil dicegah oleh Tim Jaguar ini. Seperti contoh yang paling anyar, Tim Jaguar mengamankan preman yang mengganggu di kafe milik artis Ucok Baba.

Di masa kepemimpinan Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan, Tim Jaguar lebih diperkuat. Tim Jaguar dibekali pelatihan strike force, mirip-mirip dengan tim Detasemen Khusus Anti-Teror 88 Polri.

Salah satunya adalah pelatihan close quarter battle (CQB). Teknik ini digunakan untuk pertempuran jarak dekat di luar ataupun di dalam sebuah ruangan.

"Sebetulnya pelatihan CQB ini diberikan ke semua anggota kepolisian, bukan cuma ke Densus. Kalau Densus pelatihannya lebih berat lagi, karena mereka bertempur dengan kelompok bersenjata api," ujar Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan, Senin (14/8/2017).

Tim Jaguar ini dibentuk untuk menguatkan anggota Polsek dalam melakukan upaya paksa. Di samping itu, Tim Jaguar juga berfungsi sebagai tim insidental yang dapat diturunkan ke lapangan sewaktu-waktu ketika masyarakat membutuhkan bantuan polisi melalui aplikasi Halopolisi dan panic button.

Tim Jaguar menjadi salah satu tim andalan Polresta Depok. Tim inilah yang setiap saat pagi dan malam menjaga keamanan Kota Depok dari ancaman kriminalitas dan ketertiban umum.


Di halaman selanjutnya, ada Tim Vipers hingga Tim Eagle One

5. Tim Tiger

Tim Tiger adalah tim patroli Polres Metro Jakarta Utara. Sama halnya dengan tim patroli lainnya, Tim Tiger berpatroli pada malam hari untuk mencegah kejahatan jalanan.

Dalam upaya patroli, kerap kali Tim Tiger menangkap pelaku kejahatan mulai dari tawuran hingga balapan liar. Tim Tiger juga sering menangkap pelaku bajing loncat hingga 'Pak Ogah' yang kerap membuat resah sopir truk di Jakarta Utara.

6. Tim Eagle One

Kalau Tim Eagle One ini adalah tim patroli milik Polres Metro Jakarta Selatan. Sama halnya dengan tim-tim patroli lainnya, Tim Eagle One yang diawaki oleh personel reserse dan Sabhara Polres Jaksel juga melakukan patroli pada malam hari.

Sejumlah kasus tawuran, balap liar, premanisme hingga penjambretan berhasil digagalkan Tim Eagle One.

7. Tim Vipers

Tim Vipers adalah unit patroli khusus Polres Tangerang Selatan. Sama halnya dengan tim patroli di Polres lain, tim Vipers juga memiliki tugas dan fungsi yang sama yakni berpatroli mencegah kejahatan terutama pada malam hari.

(mea/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT