DPRD Sumut Imbau Warga Tak Tiru Aksi Tinju Pohon Pisang 'Salam dari Binjai'

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 08:05 WIB
Pohon pisang warga di Deli Serdang dipukul bocah yang tiru Salam dari Binjai (dok. Istimewa)
Foto: Pohon pisang warga di Deli Serdang dipukul bocah yang tiru 'Salam dari Binjai' (dok. Istimewa)
Medan -

Pohon pisang warga di Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), tumbang ditinju bocah-bocah yang meniru adegan di video viral 'Salam dari Binjai'. DPRD Sumut mengimbau orang tua mengawasi anak-anaknya agar tak meniru aksi di video itu.

"Saya mengimbau pada orang tua, untuk rajin mengontrol atau memutabaah anak-anaknya. Jangan sampai latah terhadap sesuatu yang viral. Kalau itu positif dan baik, it's oke. Namun kalau itu kurang baik, waduh bisa jadi berpotensi masalah ke depannya," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, Senin (1/11/2021).

Hendro mengatakan dirinya merupakan putra asli Binjai. Menurutnya, banyak hal positif yang ada dan bisa ditiru dari Binjai.

"Binjai ini dikenal dengan kota rambutan dari dulunya, bahkan beberapa kurun waktu belakangan ini, ada lagi varietas produk hortikultura, yakni buah jambu madu, rasa manis, buah besar, dan banyak orang yang mencarinya. Salam dari binjai juga ada tempat wisata yang natural seperti di antaranya sawah lukis dan lain sebagainya," ucapnya.

"Binjai juga ada atlet yang mendapat emas pada PON ke-20 di Papua kemarin, dan cabor wushu juga atlet Binjai," sambung Hendro.

Dia mengimbau semua pihak untuk menyebar hal-hal positif di media sosial. Menurutnya, menjadi viral juga bisa dilakukan dengan prestasi.

"Terkait 'salam dari Binjai' yang viral dengan aktivitas sambil memukul mukul pohon pisang, ini merupakan kurang pantas. Pohon pisang itu berkontribusi menghasilkan buah pisang, yang memiliki kandungan vitamin dan khasiat lainnya. Ya kalau mau viral, dengan cara yang elegan lah. Nggak perlu juga sampai mukul-mukul pohon pisang. Masih banyak cara cara yang elok untuk menjadi tenar. Viral dengan prestasi itu baru keren, baik bidang olahraga, akademis dan lain sebagainya," ucap politikus PKS ini.

Pemprov Sumut Nilai Belum Mengkhawatirkan

Kabid Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sumut, Harvina Zuhra, mengatakan salam dari Binjai hanya viral atau diketahui sebagian warga lewat media sosial. Dia menyebut masih banyak orang-orang, termasuk yang tinggal di Binjai, tak tahu soal viralnya salam dari Binjai.

"Viralnya di dunia maya saja, biasa saja. Sebetulnya di tengah masyarakat sih nggak terlalu ini ya. Karena saya juga orang tua di Binjai, tanya ini (viral salam dari Binjai) tahu nggak? Nggak tahu, pada nggak tahu," ucap Harvina.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak video 'Banyak Pohon Pisang Jadi Sasaran Gegara Viral 'Salam dari Binjai'':

[Gambas:Video 20detik]