Polantas Tewas Ditabrak Truk Sedang Kawal Rombongan Pengawas Vaksinasi

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 12:53 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan ada 314 pengendara melanggar crowd free night di Jakarta, Jumat (17/9/2021) malam
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom).
Jakarta -

Polisi lalu lintas (polantas) Ditlantas Polda Metro Jaya bernama Iptu Dwi Setiawan tewas ditabrak truk di Tol Jakarta-Cikampek. Korban tewas saat tengah bertugas mengawal rombongan supervisi vaksinasi.

"Almarhum gugur ketika sedang melaksanakan tugas pengawalan. Yaitu mengawal rombongan supervisi vaksinasi merdeka aglomerasi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Rombongan supervisi vaksinasi yang dikawal korban berangkat dari Polda Metro Jaya menuju Polres Kabupaten Bekasi. Korban kemudian terlibat kecelakaan truk yang dikemudikan pria inisial CS di Tol Jakarta-Cikampek Km 13.400 pada Kamis (28/10) siang.

Peristiwa nahas ini bermula setelah pelaku penabrak polantas bermain handphone saat mengemudikan truk. Sambodo mengatakan pelaku sempat beberapa saat mengetik pesan sambil memegang kendali truk.

Tindakan itu membuat sopir kehilangan konsentrasi. Hasilnya, sopir CS kehilangan kendali saat melihat mobil berada di depannya memperlambat kendaraan.

"Dia (sopir CS) kaget lalu buang ke kanan. Di situ ada almarhum di sebelah kanan sehingga almarhum tersenggol dan tabrak guardreel dan terpental sampai akhirnya tertabrak kendaraan tersebut," ujar Sambodo.

Pelaku CS ini pun telah diperiksa intesif oleh kepolisian dari Kamis (28/10) sore. Hari ini polisi mengumumkan sopir CS ditetapkan sebagai tersangka.

Pelaku dijerat di Pasal 310 ayat 4 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sopir tersebut terancam hukuman 6 tahun penjara.

"Pelaku ditahan karena statusnya sudah naik tersangka dan kami lakukan penahanan sampai 20 hari ke depan atau diperpanjang," tutur Sambodo.

Sambodo menambahkan Polantas Iptu Dwi Setiawan dianggap gugur dalam bertugas. Polri pun memberikan penghargaan kepada korban.

Simak video 'Polisi Tewas Ditabrak Truk saat Kawal Rombongan, Sopir Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/gbr)