Sopir Truk Penabrak Polantas hingga Tewas di Tol Cikampek Jadi Tersangka!

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 12:31 WIB
Jakarta -

Kasus Polisi Lalu Lintas (Polantas) bernama Iptu Dwi Setiawan yang tewas setelah ditabrak truk di Tol Cikampek tengah diusut. Sopir truk inisial CS kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Pelaku sudah kami naikkan status menjadi tersangka," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Penetapan tersangka dilakukan setelah polisi memeriksa CS, kernet, hingga CCTV di lokasi. Bukti-bukti itu menguatkan adanya kelalaian yang dilakukan pelaku.

Sopir inisial CS ini dijerat dengan Pasal 310 ayat 4 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelaku terancam hukuman 6 tahun penjara.

Selain itu, Sambodo menambahkan, CS kini telah ditahan oleh aparat kepolisian.

"Pelaku ditahan karena statusnya sudah naik tersangka dan kami lakukan penahanan sampai 20 hari ke depan atau diperpanjang," tutur Sambodo.

Insiden kecelakaan itu di Tol Jakarta-Cikampek di Km 13+400 pada Kamis (28/10) siang. Peristiwa itu melibatkan seorang anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Ditlantas Polda Metro Jaya bernama Iptu Dwi Setiawan.

Peristiwa kecelakaan itu terjadi pada pukul 11.30 WIB. Argo mengatakan Iptu Dwi tengah dalam posisi dinas melakukan pengawalan rombongan dari Polda Metro yang melakukan kegiatan di Bekasi.

"Sedang dalam dinas arah Bekasi mengawal rombongan tim supervisi Polda yang akan laksanakan kegiatan di Bekasi," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dimintai konfirmasi, Kamis (28/10).

Peristiwa nahas itu bermula saat truk yang dikemudikan oleh pria inisial CS melaju dari lajur tiga. Namun secara tiba-tiba sopir truk itu pindah ke lajur empat. Aksi sopir truk itu membuat korban Iptu Dwi terpepet dan menabrak pembatas jalan. Korban pun diketahui meninggal dunia di lokasi akibat insiden tersebut.

(ygs/mae)