Museum Sumpah Pemuda Direvitalisasi Mulai Besok, Buka Lagi Januari 2022

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 09:51 WIB
Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda (Dias/detikcom)
Jakarta -

Museum Sumpah Pemuda, Senen, Jakarta Pusat (Jakpus), bakal direvitalisasi. Pengerjaan akan dilakukan mulai besok.

"Hari ini adalah terakhir museum kami ada, karena, besok 29 Oktober sampai akhir Desember, kami Museum Sumpah Pemuda akan melakukan revitalisasi tata pameran tetap," ujar Kepala Museum Sumpah Pemuda Titik Umi Kurniawati kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Titik menjelaskan revitalisasi museum dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi. Museum Sumpah Pemuda diperkirakan baru buka kembali pada Januari 2022.

"Museum Sumpah Pemuda akan kita kemas sedemikian rupa dengan semuanya sejarah, digital mengikuti perkembangan 4.0. Insyaallah akan buka kembali Januari 2022," tuturnya.

Untuk itu, kata Titik, museum bakal mulai dibongkar besok untuk revitalisasi. Barang-barang koleksi yang ada di dalam Museum Sumpah Pemuda akan disimpan sementara waktu.

"Untuk saat ini kami tutup. Jadi terakhir kemarin kami masih buka tanggal 27, mulai besok tanggal 29 kita pembongkaran fisik untuk revitalisasi museum. Sampai akhir Desember. Insyaallah buka kembali Januari 2022," terang Titik.

"Barang-barang koleksi kita simpan sementara. Karena ini kan kita pengadaan ulang, jadi melakukan akuisisi, kemudian pencatatan BNN, kemudian penghapusan, karena semuanya adalah pengadaan baru. Sehingga koleksi-koleksi tidak ada yang kita pakai lagi. Kita dengan kemasan baru," imbuhnya.

Simak Video: Melihat Revitalisasi Taman Tebet yang Akan Difungsikan Jadi Pengendali Banjir

[Gambas:Video 20detik]



(drg/knv)