Ingat! Mulai Hari Ini Langgar Ganjil Genap di 13 Titik DKI Bakal Ditilang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 06:10 WIB
Ganjil Genap Jakarta Selatan di Mana Saja? Ini Daftar Titiknya
Ilustrasi ganjil genap (Foto: Grandyos Zafna)

Alasan Ganjil-Genap DKI Diperluas

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan bahwa perluasan titik dilakukan atas berbagai pertimbangan. Salah satu alasan dilakukannya penambahan kawasan ganjil genap di Jakarta adalah karena adanya peningkatan kemacetan lalu lintas.

"Dari masa sebelum PPKM darurat ke massa PPKM darurat kita sukses turunkan 61 persen. Tetapi PPKM darurat ke PPKM level 4 itu arus lalin naik 48 persen," ujar Sambodo.

Sambodo menjelaskan saat perubahan PPKM level 4 ke PPKM level 3 di Jakarta, angka mobilitas kendaraan meningkat hingga 20 persen. Selanjutnya, perubahan dari PPKM level 3 menuju PPKM level 2 di Jakarta, tercatat kembali adanya peningkatan mobilitas kendaraan hingga 37 persen.

"Banyak dari masyarakat hari-hari ini lebih macet dari biasanya. Karena memang volume traffic sudah naik 37-40 persen dibandingkan PPKM level 4 dan level 3," terang Sambodo.

Maka dari itu, atas pertimbangan tersebut akhirnya titik kawasan ganjil genap di Jakarta diperbanyak. Dari yang sebelumnya hanya berlaku di 3 titik, sekarang ada 13 titik kawasan ganjil genap di Jakarta.


(fas/mae)