Ganjil Genap Jakarta Selatan di Mana Saja? Ini Daftar Titiknya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 12:41 WIB
Ganjil Genap Jakarta Selatan di Mana Saja? Ini Daftar Titiknya
Ganjil Genap Jakarta Selatan di Mana Saja? Ini Daftar Titiknya / Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ganjil genap Jakarta Selatan diberlakukan di sejumlah titik. Ada beberapa titik ganjil genap baru yang harus diperhatikan agar tidak ditilang saat berkendara.

Lokasi baru ganjil genap Jakarta Selatan mulai diberlakukan pada Senin (25/10) kemarin. Petugas kepolisian pun masih memberikan sosialisasi kepada pengendara.

detikcom sudah merangkum kabar terbaru mengenai ganjil genap Jakarta Selatan. Mari simak informasi di bawah ini.

Ganjil Genap Jakarta Selatan: Ini Daftar Lokasinya

Secara keseluruhan, polisi menambah lokasi ganjil genap Jakarta menjadi 13 titik. Di Jakarta Selatan, ada 5 titik ganjil genap.

Berikut lokasi ganjil genap Jakarta Selatan:

  1. Jl Rasuna Said
  2. Jl Fatmawati
  3. Jl Panglima Polim
  4. Jl Sisingamaraja
  5. Jl Gatot Subroto

Ganjil Genap Jakarta Selatan: Alasan Titik Ganjil Genap Jaksel Kian Banyak

Polisi mengungkapkan alasan ganjil genap Jakarta Selatan diterapkan di lebih banyak ruas jalan. Ini karena banyak lokasi perbatasan yang sering dilintasi pengendara.

"Jakarta Selatan memang jalan yang banyak dilintasi dari jalan perbatasan," kata Kasat Lantas Polres Jaksel, Kompol Edi Supriyanto, di titik gage di Jl Fatmawati, Jaksel, Senin (25/10).

Dia menjelaskan, ganjil genap Jakarta Selatan bertujuan untuk membatasi kendaraan yang masuk ke Jakarta. Sebagai contoh, pengendara dari daerah penyangga banyak yang melewati Jakarta Selatan, seperti dari arah MT Haryono dan Depok.

"Dari Jakarta Timur, mereka memasuki di MT Haryono, Depok melewati Fatmawati sehingga banyak pengendara yang melintasi dari daerah-daerah penyangga," ucapnya.

Ganjil Genap Jakarta Selatan di Mana Saja? Ini Daftar TitiknyaGanjil Genap Jakarta Selatan di Mana Saja? Ini Daftar Titiknya Foto: Grandyos Zafna

Ganjil Genap Jakarta Selatan: Diberlakukan Senin-Jumat

Titik ganjil genap Jakarta Selatan sudah dibahas. Selanjutnya, mari ketahui pula jam operasional ganjil genap.

Sejalan dengan aturan ganjil genap Jakarta Selatan, kawasan ganjil genap di DKI Jakarta berlaku Senin-Jumat. Berikut waktunya:

  1. Pukul 06.00-10.00 WIB
  2. Pukul 16.00-21.00 WIB

Dalam aturan ganjil genap Jakarta Selatan, tidak ada ganjil genap pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. Saat akhir pekan, ganjil genap berlaku di tiga lokasi tempat wisata. Ketiganya yakni:

  • Pintu Masuk Timur & Barat Ancol Taman Impian
  • Pintu Masuk 1 Taman Mini Indonesia Indah
  • Pintu Masuk Utara & Barat Taman Margasatwa Ragunan

Ganjil genap Jakarta Selatan sudah berjalan tapi polisi belum memberlakukan tilang di titik ganjil genap baru. Simak alasannya di halaman berikutnya.