Korban Tunda Lapor Polisi soal Dugaan Pencabulan oleh Anggota DPR

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 17:28 WIB
Ilustrasi Pencabulan Anak. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi pencabulan anak. (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Seorang anggota DPR RI hendak dilaporkan ke Bareskrim hari ini atas tuduhan dugaan pencabulan terhadap seorang anak di bawah umur. Namun kuasa hukum korban menyatakan pelaporan ini ditunda karena psikis korban belum siap.

detikcom berupaya menghubungi kuasa hukum korban, Gangan, lewat sambungan telepon terkait perkembangan pelaporan ini. Namun, di ujung telepon, yang memberi keterangan adalah seorang perempuan yang mengaku sebagai asisten Gangan.

"Kita tadi sudah di Bareskrim, tapi karena psikis korban belum siap untuk diwawancarai, jadi kita pending dulu untuk membuat laporan," kata perempuan ini, Rabu (27/10/2021).

Dia menyatakan Gangan tidak bisa menjawab telepon secara langsung karena sedang mendampingi korban.

Gangan sebelumnya mengaku sudah datang ke Bareskrim, tepatnya ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), untuk melaporkan tuduhan pencabulan anak oleh anggota DPR RI. Sedianya dia akan memberi keterangan seusai pelaporan.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Habiburokhman sebelumnya sudah berkomentar terkait adanya tuduhan ini. Dia mengaku belum mengetahui siapa anggota Dewan yang dituduh tersebut.

"Kami juga belum dapat informasi apa pun soal ini. Apakah benar orang yang dilaporkan itu anggota DPR serta seperti apa uraian kejadiannya," kata Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Habiburokhman mengatakan pihaknya enggan berasumsi lebih jauh. Namun, kata dia, polisi dipersilakan mengusut jika kasus itu sudah resmi dilaporkan.

"Kami nggak mau berasumsi dan berandai-andai. Kalau memang sudah dilaporkan ya silakan saja polisi untuk mengusutnya," ujarnya.

"Kita harus menghormati asas equality before the law, siapa pun warga negara yang melakukan pelanggaran hukum ya harus diusut," sambung Habiburokhman.

Lihat juga Video: Modus Bisa Obati Kebiasaan Ngompol, Pria di Polman Setubuhi Anak Tiri

[Gambas:Video 20detik]




(hri/fjp)