Walkot Idris Ungkap 25 Kelurahan di Depok Nihil Kasus COVID-19

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 11:49 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris
Wali Kota Depok Mohammad Idris (Wilda Nufus/detikcom)
Depok -

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkap saat ini sudah ada 25 kelurahan di Kota Depok yang sudah nihil kasus virus Corona (COVID-19). Idris menyebut data itu didapat dari pusat aplikasi P-Care.

"Kelurahan kalau catatan data dari pusat P-Care, itu ada 25 kelurahan per tanggal kemarin, per tanggal 26 yang sudah zero, ya kelurahan yang udah zero kasus itu 25," kata Idris di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021).

Idris menerangkan pihaknya kemudian mencocokkan dengan data yang ada di kelurahan berdasarkan sistem by name by address. Hasilnya, ditemukan banyak perbedaan. Idris mengklaim, dari data lurah itu, sudah lebih dari 25 kelurahan yang nihil kasus Corona.

"Tapi data dari lurah-lurah by name by address kami minta sampai kemarin tadi malam itu rata-rata kelurahan menyatakan data dari pusat namanya yang ininya dicocokkan, itu sebenarnya sudah tidak ada," jelas Idris.

"Tadi antara lain dirawat oleh keluarganya keluar Depok, ada yang di Kalimantan ada segala macam, ada yang nama dia itu sebenarnya sudah tidak ada sejak lama, di alamat itu. Jadi mungkin dia masih pakai KTP lama atau gimana alamatnya masih alamat itu, tapi sudah lama emang tidak ada, bukan warga Depok, nah itu itu banyak, banyak sekali lebih daripada 25 kira-kira seperti itu," lanjutnya.

Diketahui, kasus positif Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 611 per kemarin. Pasien yang dinyatakan sembuh dari Corona hari ini bertambah 1.141 orang, sedangkan pasien yang meninggal dunia bertambah 35 orang.

Data perkembangan penyebaran COVID-19 dipublikasikan Humas BNPB, Selasa (26/10). Data kasus COVID-19 diperbarui setiap hari per pukul 12.00 WIB.

Dengan demikian, total kasus positif Corona di Indonesia sejak pertama kali dilaporkan pada Maret 2020 hingga hari ini berjumlah 4.241.090 kasus. Dari jumlah tersebut, 12.989 merupakan kasus aktif.

Kasus aktif artinya pasien dinyatakan masih positif Corona hingga hari ini. Kasus aktif COVID-19 hari ini turun 565 dari hari sebelumnya.

Untuk kasus kematian Corona di Indonesia hingga hari ini berjumlah 143.270 kasus.

Simak selengkapnya sebaran Corona per 26 Oktober di halaman berikutnya.